PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) PKK LAMPUNG

M., RIVAN HARDI (2024) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) PKK LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. RIVAN HARDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pada penelitian ini adalah berkaitan dengan perkembangan minat dan bakat siswa yang belum maksimal. Minat dan bakat siswa tunarungu yang berada di SLBN PKK Lampung ini belum tereksplor oleh mereka, siswa tunarungu di SLBN PKK Lampung ini belum mengetahui potensi minat dan bakatnya dibidang apa. Berdasarkan permasalahan yang terjadi penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa khususnya pada siswa tunarungu melalui peran guru BK. Guru BK memiliki peran penting dalam perkembangan minat dan bakat siswa khususnya pada siswa tunarungu. Minat dan bakat siswa dapat di eksplor lebih lanjut lagi jika guru dan guru BK berperan didalamnya. Guru BK berperan sebagai mediator, motivator, evaluator, inisiator dan informator. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) PKK Lampung”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan minat dan bakat siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) PKK Lampung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam megembangkan minat dan bakat siswa tunarungu di SLBN PKK Lampung. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) yang bersifat kualitatif deskriptif penelitian yang akan berusaha membuat gambaran umum secara sistematis, akurat, dan faktual mengenai suatu fakta, sifat, dan hubungan antar fenomena yang diteliti secara kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan guru BK, Kepala Sekolah, dan siswa/i penyandang tunarungu kelas VIII dengan menggunakan teknik Snowball Sampling. Sumber data sekunder diperoleh melalui buku, dokumen, internet dan media cetak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan observasi non partisipan dimana penulis hanya iii sebagai pengamat. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK sangat mempengaruhi terhadap perkembangan minat dan bakat siswa, guru BK berperan penting yaitu sebagai fasilitator, motivator,mediator dan evaluator. Peran tersebut sudah diterapkan di SLBN PKK Lampung. Guru BK juga berkolaborasi dengan guru kelas matapelajaran kelas dan guru BK juga melakukan layuanan bimbingan klasikal guna untuk mengarahkan pemikiran-pemikiran siswa tunarungu agar lebih giat dalam mengembangkan potensi-potensi minat dan bakat yang dimiliki dan sesuai untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa telah terjadi perubahan pada beberapa siswa di SLBN terhadap perkembangan minat dan bakatnya, siswa tunarungu sudah dapat mengeksplor dan mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya. Dari hasil temuan penelitian maka bisa dikatakan berhasil. Kata kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Minat dan Bakat, Anak Tunarungu iv ABSTRACT The problem in this research is related to the development of students' interests and talents which have not been maximized. The interests and talents of deaf students at SLBN PKK Lampung have not been explored by them, deaf students at SLBN PKK Lampung do not yet know what their potential interests and talents are in what field. Based on the problems that occur, this research aims to develop students' interests and talents, especially deaf students, through the role of guidance and counseling teachers. Guidance and guidance teachers have an important role in developing students' interests and talents, especially deaf students. Students' interests and talents can be explored further if teachers and guidance counselors play a role in it. Guidance and Guidance Teachers act as mediators, motivators, evaluators, initiators and informers. Based on the background above, the author is interested in conducting research entitled "The Role of Counseling Guidance Teachers in Developing the Interests and Talents of Deaf Students at the PKK Lampung State Special School (SLBN). The formulation of the problem in this research is the role of guidance and counseling teachers in developing the interests and talents of deaf students at the PKK Lampung State Special School (SLBN). The purpose of this research is to find out the role of guidance and counseling teachers in developing the interests and talents of deaf students at SLBN PKK Lampung. This type of research is field research which is qualitative descriptive research which will attempt to create a systematic, accurate and factual general picture of the facts, characteristics and relationships between phenomena being researched qualitatively. Primary data sources were obtained from interviews with guidance and counseling teachers, school principals, and deaf students in class VIII using the Snowball Sampling technique. Secondary data sources were obtained through books, documents, internet and print media. The data collection techniques used in this research were unstructured interviews, documentation and non-participant observation where the author was only an observer. The data analysis v techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings from the research show that the role of the guidance and counseling teacher greatly influences the development of students' interests and talents, the guidance and counseling teacher plays an important role, namely as a facilitator, motivator, mediator and evaluator. This role has been implemented at SLBN PKK Lampung. The guidance and counseling teacher also collaborates with the class subject teacher and the guidance and counseling teacher also provides classical guidance services in order to direct the thoughts of deaf students to be more active in developing the potential interests and talents they have and are suitable for solving problems experienced by students. Based on the results of research conducted, there have been changes in several students at SLBN regarding the development of their interests and talents, deaf students have been able to explore and develop their interests and talents. From the results of the research findings, it can be said to be successful.. Keywords : The Role of Counseling Guidance Teachers, Interests and Talents, Deaf Children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:46
Last Modified: 20 Feb 2024 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32435

Actions (login required)

View Item View Item