TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK PENANGGUHAN PEMBAYARAN DALAM JUAL BELI UDANG (Studi di Desa Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur)

Aulia, Ulfa (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK PENANGGUHAN PEMBAYARAN DALAM JUAL BELI UDANG (Studi di Desa Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB I & II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli udang merupakan salah satu bentuk adanya interaksi sesama manusia, sebagai usaha bagi manusia tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam ajaran Islam jual beli harus sesuai dengan syariat Islam, baik dari segi syariat dan rukunnya. Jual beli yang tidak memenuhi syarat dan rukun jual beli akan berakibat tidak sah nya jual beli tersebut. Salah satu realita jual beli yang dipraktikkan oleh masyarakat Desa Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah praktik penangguhan pembayaran dalam jual beli udang yang terjadi di Desa Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur dan bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik penangguhan pembayaran dalam jual beli udang yang terjadi di Desa Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan field rescarch yang bersifat desktiptif analisis, yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang ada sekarang, berdasarkan data-data yang diperoleh secara terperinci untuk menggambarkan suatu gejala yang sesuai dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, waawancara dan dokumentasi di lokasi penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik editing dan sistimating data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan jual beli udang ini tidak sesuai dengan akad jual beli yang telah disepakati anatara petani dan pengepul sehinga salah satu pihak merasa dirugikan. Kesepakatan yang terjadi anatara petani dan pengepul terhadap penangguhan pembayaran dalam jual beli udang ini dilakukan secara tunai akan tetapi pada pelaksanaannya setelah petani mengonfirmasi kepada pengepul uangnya tidak diberikan dengan beberapa alasan untuk membayar upah buruhnya. Tinjauan Hukum Ekonomi terhdap jual beli udang ini tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam karena dalam syariat Islam penjual seharusnya mendapatkan haknya yaitu berupa pembayaran dari pembeli dengan waktu pembayaran yang telah disepakati bersama dan mendapatkan keuntungan dari jual beli tersebut. hal ini tidak memberikan keadilan bagi pihak yang dirugikan. Kata kunci: Hukum Ekonomi Syariah, Penangguhan, Jual beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:39
Last Modified: 20 Feb 2024 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32433

Actions (login required)

View Item View Item