PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGOPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK

Regita, Indah Cahyani (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGOPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI REGITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e�modul interaktif berbantuan aplikasi canva untuk mengoptimalisasi kemampuan berpikir reflektif peserta didik memuat materi bangun ruang sisi datar, selain itu tujuan lainnya adalah untuk mendapatkan respons pendidik dan peserta didik terhadap e-modul interaktif dan tingkat keefektifan bahan ajar tersebut. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan jenis penelitian Research and Development serta menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap Development melibatkan 6 validator yang terdiri atas tiga validator media dan tiga validator materi. Tahap Implementation mengajak sebanyak 38 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kecil 10 peserta didik dan kelompok besar sebanyak 28 peserta didik. Pada penilaian kemenarikan produk bahan ajar e-modul interaktif materi bangun ruang sisi datar digunakan angket yakni angket validator dan angket respon peserta didik. Uji efektivitas e-modul interaktif diperoleh dari penggunaan soal pre-test dan soal post-test. Hasil validasi ahli media diperoleh dari tiga validator dan secara keseluruhan mendapatkan nilai rata – rata 3,66 dan untuk hasil validasi materi sebesar 3,63. Sementara itu, untuk uji kemenarikan e�modul interaktif pada kelompok kecil dari 10 peserta didik SMP Negeri 1 Katibung mendapatkan nilai 3,43 serta pada kelompok besar dari 28 peserta didik SMP Negeri 1 Katibung diperoleh nilai sebesar 3,65. Uji efektivitas didapatkan dari uji N-Gain dan mendapatkan nilai N-gain sebesar 59% dengan kriteria “Cukup Efektif”. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa pengembangan e-modul interaktif berbantuan aplikasi canva materi bangun ruang sisi datar layak untuk digunakan dan sangat menarik. Kata kunci : e-modul, interaktif, canva, bangun ruang sisi datar, berpikir reflektif. iv ABSTRACT This research aims to develop interactive e-module teaching materials assisted by the Canva application to optimize students' reflective thinking abilities using flat-sided geometric material. Apart from that, another aim is to obtain the responses of educators and students to interactive e-modules and the level of effectiveness of the teaching materials. the. The research carried out used the Research and Development type of research and used the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) research model. The Development stage involves 6 validators consisting of three media validators and three material validators. The Implementation stage invited 38 students who were divided into two groups, namely a small group of 10 students and a large group of 28 students. In assessing the attractiveness of interactive e-module teaching material products, flat-sided building materials used questionnaires, namely validator questionnaires and student response questionnaires. Testing the effectiveness of interactive e-modules is obtained from the use of pre-test questions and post-test questions. The media expert validation results were obtained from three validators and overall, the average score was 3.66 and the material validation results were 3.63. Meanwhile, for the interactive e-module attractiveness test, a small group of 10 students from SMP Negeri 1 Katibung got a score of 3.43 and a large group of 28 students from SMP Negeri 1 Katibung got a score of 3.65. The effectiveness test was obtained from the N-Gain test and obtained an N-gain value of 59% with the criteria "Quite Effective". Thus, the researcher concluded that the development of an interactive e-module assisted by the Canva application for flat-sided building material was feasible to use and very interesting. Keywords: e-module, interactive, Canva, flat-sided building, reflective thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:35
Last Modified: 20 Feb 2024 09:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32432

Actions (login required)

View Item View Item