PERAN GURU FIQIH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PENGAMALAN IBADAH DI MTS NEGERI 1 PESAWARAN

Putri, Ghina Shonia (2024) PERAN GURU FIQIH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PENGAMALAN IBADAH DI MTS NEGERI 1 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PUTRI GHINA SHONIA BAB 1&5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PUTRI GHINA SHONIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PERAN GURU FIQIH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PENGAMALAN IBADAH PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTS NEGERI 1 PESAWARAN ABSTRAK Oleh Putri Ghina Shonia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing dan pendidik dalam pembentukan karakter religius peserta didik, dan untuk mengetahui upaya guru dalam pembentukan karakter religius peserta didik, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan Verification. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembentukan karakter religius pada peserta didik sudah baik seperti guru menjalankan tugas nya sebagai fasilitator, mediator, inspirator, dan evaluator. Cara yang digunakan dalam pengembangankan karakter religius peserta didik kelas IX-D melalui pengamalan ibadah di MTs Negeri 1 Pesawaran yaitu dengan kegiatan pembelajaran, pembiasaan, peneladanan, dan penilaian. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan pembiasaan pada peserta didik seperti melaksankan ibadah shalat dzuhur berjamaah, murojaah al-quran, berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu dengan harapan agar peserta didik membiasakan hal yang diajarkan oleh guru dapat diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengembangkan karakter religius peserta didik kelas IX-D melalui pengamalan ibadah di MTs Negeri 1 Pesawaran yakni faktor pendukungnya 1) Peran guru, 2) Keinginan siswa atau kesadaran siswa, 3) Kegiatan keagamaan, 4) Sarana dan Prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu 1) Kurangnya kesadaran peserta didik, 2) latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, dan 3) Lingkungan dan pergaulan peserta didik. Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Religius, Ibadah. iv THE ROLE OF FIQIH TEACHERS IN THE FORMATION OF RELIGIOUS CHARACTER THROUGH THE PRACTICE OF WORSHIP OF CLASS IX STUDENTS AT MTS NEGERI 1 PESAWARAN Abstract : This research aims to determine the role of teachers as mentors and educators in the formation of students' religious character, and to determine teachers' efforts in forming students' religious character, as well as to determine the supporting and inhibiting factors. The research approach is to use a descriptive qualitative approach, data collected through interviews, observation and documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation, andVerification. Meanwhile, data validity techniques use source triangulation. Based on the research results, it shows that the role of teachers in developing religious character in students is good, as teachers carry out their duties as facilitators, mediators, inspirers and evaluators. The method used to develop the religious character of class IX-D students through the practice of worship at MTs Negeri 1 Pesawaran is through learning, habituation, example and assessment activities. This is proven by habituation activities for students such as carrying out midday prayers in congregation, murojaah al�Quran, praying before and after doing something in the hope that students will get used to the things taught by the teacher that can be applied and practiced in everyday life. The supporting and inhibiting factors for the teacher's role in developing the religious character of class IX-D students through the practice of worship at MTs Negeri 1 Pesawaran are the supporting factors: 1) The role of the teacher, 2) Student desires or student awareness, 3) Religious activities, 4) Facilities and Infrastructure. Meanwhile, the inhibiting factors are 1) Lack of awareness of students, 2) different backgrounds of students, and 3) Environment and social interactions of students. Keywords : Teacher's Role, Religious Character, Worship

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:29
Last Modified: 20 Feb 2024 09:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32431

Actions (login required)

View Item View Item