PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6 MIN 6 LAMPUNG SELATAN

Ratna, Juwita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6 MIN 6 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RATNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah yang terjadi di MIN 6 Lampung Selatan Kabupaten Lampung Selatan ialah masih kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan oleh guru, terutama dalam pembelajaran matematika materi lingkaran, kemampuan berpikir kritis peserta didik masih digolongkan kurang berkembang sehingga indikator pencapaian pembelajaran belum tuntas, maka dari itu kemampuan berpikir kritis peserta didik perlu di bangun atau ditingkatkan pada peserta didik agar peserta didik dapat tuntas dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matematika dengan menggunakan model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik dapat mempengaruhi berpikir kritis peserta didik kelas VI pada materi lingkaran di MIN 6 Lampung Selatan Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimen dan desain yang digunakan adalah posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VI A dan VI B sebanyak 46 peserta didik. Sampel yang diambil dengan cara cluster random sampling (teknik acak kelas). Alat pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal uraian. instrumen tes berbentuk uraian ini dengan menggunakan uji statistik Uji T. Berdasarkan hasil penelitian hasil uji independent T-Test berpikir kritis dengan taraf signifikan 5% hasilnya yaitu 0,018 < 0,05. Berdasarkan kriteria uji T dari hasil yang diperoleh menunjukkan Hₒ ditolak dan H₁ diterima artinya bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas VI di MIN 6 Lampung Selatan Kabupaten Lampung Selatan tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: LAPS-Heuristik, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:34
Last Modified: 20 Feb 2024 09:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32426

Actions (login required)

View Item View Item