MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 1 PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG

Jesyca, Tara Adella (2024) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 1 PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh mutu pembelajaran merupakan hal pokok yang harus dibenahi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Peranan manajemen mutu di lembaga pendidikan atau madrasahadalah mengatur dan mengelola tugas tenaga pendidik pada proses pembelajaran Kemudian kendala meliputi ada beberapa fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai, keterbatasan sumber daya manusia serta kehadiran peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kendala itu semaksimal mungkin di upayakan untuk bisa menyelesaikan segala kekurangannya. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi mutu pembelajaran di MAN 1 Pesawaran. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif ulntulk melndelskripsikan pelrmasalahan dan folkuls pelnelitian. Meltoldel yang dipakai pada prolsels pelngulmpulan data adalah meltoldel delskriptif yang dirancang ulntulk melmpelrolelh infolrmasi telntang Manajelmeln Multul di MAN 1 Pelsawaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pelngulmpulan data dilakulkan delngan intelrvielw (wawancara), olbselrvasi (pelngamatan), dan dolkulmelntasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen mutu di MAN 1 Pesawaran meliputi : perencanaan pembelajaran dengan penyusunan perangkat pembelajaran , penyusunan rencana kerja madrasah, dan mengikut sertakan tenaga pendidik dalam kegiatan musyawarah tenaga pendidik mata pelajaran. pelaksanaan pembelajaran disini dilakukan oleh kepala madrasah, dan tenaga pendidik dimana, kegiatan pembelajaran ditandai oleh adanya kegiatan supervisi pengajaran, penggunaan media pembelajaran, pengadaan workshop, menyediakan fasilitas penunjang dan pemberian keleluasaan kepada tenaga pendidik dalam penggunaan iii metode pembelajaran yang tidak terlepas dari pengawasan langsung yang dilakukan oleh kepala madrasah. Evaluasi pembelajaran dalam kegiatan evaluasi diadakan breafing untuk mengetahui proses pelaksaanaan pembelajaran, serta menyediakan fasilitas sarana prasarana dan mengontrol pelaksanaan evaluasi pembelajaran melalui supervisi Faktor pendukung pada MAN 1 Pesawaran meliputi adanya dukungan dari kepala madrasah, mengikut sertakan tenaga pendidik dalam kegiatan pelatihan serta memfasilitasi tenaga pendidik sarana prasarana. Manajemen mutu di MAN 1 Pesawaran tidak memiliki sedikit kendala dalam proses pelaksanaan perencanaan mutu pembelajaran hanya perlu untuk berkoordinasi dan mengevaluasi segala sesuatu kelemahan tentang perencanaan diawal, sehingga dapat di perbaiki jika ada kekurangan kedepannya. Kata Kunci : Manajemen, Mutu Pembelajaran iv ABSTRACT This research is motivated by the fact that the quality of learning is the main thing that must be addressed in order to improve the quality of education. The role of quality management in educational institutions or madrasahs is to organize and manage teachers' tasks in the learning processThen the obstacles include several inadequate infrastructure facilities, limited human resources and the presence of students in the learning process. We try to overcome these obstacles as much as possible to solve all the shortcomings. The purpose of this research is to determine the planning, implementation and evaluation of the quality of learning at MAN 1 Pesawaran. In this research, qualitative research methods were used to describe research problems and folklore. The method used in the data collection process is a descriptive method designed to collect information about Multul Management at MAN 1 Pelsawaran. Data collection techniques were carried out using intelligence (interviews), observation (observations), and research. Data analysis techniques are carried out by data reduction, data presentation and conclusions. Test the validity of the data using source triangulation and technical triangulation. The research results show that the implementation of quality management at MAN 1 Pesawaran includes: learning planning by preparing learning tools, preparing madrasa work plans, and involving teachers in subject teacher deliberation activities. The implementation of learning here is carried out by the school principal and teaching staff, where learning activities are characterized by the existence of teaching supervision activities, use of learning media, provision of workshops, providing supporting facilities and giving freedom to teachers in the use of learning methods which cannot be separated from direct supervision carried out by headmaster. In evaluation of learning, a briefing is held in the evaluation activity to understand the learning implementation process, as well as providing infrastructure and v facilities and controlling the implementation of learning evaluation through supervision. Supporting factors at MAN 1 Pesawaran include support from the school principal, involving teachers in training activities and facilitating teaching staff with infrastructure. . Quality management at MAN 1 Pesawaran has no obstacles at all in the process of implementing learning quality planning, you only need to coordinate and evaluate all weaknesses regarding the planning at the beginning, so that they can be corrected if there are deficiencies in the future. Keywords: Management, Learning Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:18
Last Modified: 20 Feb 2024 09:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32417

Actions (login required)

View Item View Item