PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTU LKPD LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMPN 33 BANDAR LAMPUNG

Ria, Zulfa (2024) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTU LKPD LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMPN 33 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUS.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of full skripsi RIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvesional dengan metode ceramah dimana pendidik menjadi pusat dalam pembelajaran dan peserta didik hanya menyimak dan mengingat teori yang diberikan, tanpa memahami konsep-konsep sains yang diberikan dengan kehidupan nyata. Agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, peneliti menerapkan Model Learning Cycle 7e dengan berbatuan LKPD liveworksheets. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7e berbantu LKPD Liveworksheets untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMPN 33 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy experiment. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VIII SMPN 33 Bandar Lampung yang terdistribusi dalam 3 kelas dan berjumlah 99 orang peserta didik dan sampel penelitian terdiri dari VIII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. kelas kontrol 32 peserta didik dan kelas eksperimen 32 peserta didik. Teknik sampel pada penelitian ini yaitu teknik cluster random samplin. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7e berbantu LKPD Liveworksheets sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model konvesional. Instrumen penelitian menggunakan soal Multiple choice untuk mengukur kemapuan berpikir kritis yang sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh Dari data pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk menjawab hipotesis. Data diperoleh hasil perhitungan hipotesis dengan uji independent t-test nilai sig (2-tailed) yaitu 0,00 < 0,05 artinya H0 ditolak H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian tersebut diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7e berbantu LKPD Liveworksheets untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMPN 33 Bandar Lampung. Kata kunci : Model Learning Cycle 7e , Liveworksheets, Kemampuan berpikir kritis iv ABSTRACT Study This background low ability think critical participant educate in induced learning _ by ongoing learning process _ using a learning model conventional with method lecture Where educator become center in learning And participant educate only listening And remember given theory , without _ understand concepts science provided _ with life real . In order to increase ability think critical participant Educator , researcher apply the Learning Cycle 7e Model with rocky LKPD live worksheets . Objective study This is For know There is or No exists influence use of learning models Learning Cycle 7e assisted by LKPD Liveworksheets For increase ability think critical participant student at SMPN 33 Bandar Lampung. Study This is study quantitative with method quasi experiment. Population study is all participant educate class VIII SMPN 33 Bandar Lampung distributed in 3 classes And totaling 99 participants educate And sample study consists from VIII A as class Experiment And class VIII B as class control . class control 32 participants educate And class experiment 32 participants educate . Technique sample on study This that is technique cluster random sampling . On class experiment using a learning model Learning Cycle 7e helpful LKPD Liveworksheets whereas on class control using a conventional model . Instrument study use question Multiple choices For measure ability think appropriate criticism _ with indicator ability think critical . Based on results analysis of data obtained from pretest and posttest data analyzed use Independent Sample T-Test test for answer hypothesis . Data obtained results calculation hypothesis with independent t-test sig value (2-tailed) is 0.00 < 0.05 , meaning that H0 is rejected , H1 is accepted . So can concluded that hypothesis on study the accepted , that is there is influence of learning models Learning Cycle 7e helpful LKPD Liveworksheets For increase ability think critical participant student at SMPN 33 Bandar Lampung. Keywords : 7e Learning Cycle Model , Liveworksheets , Ability think critical

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:32
Last Modified: 19 Feb 2024 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32415

Actions (login required)

View Item View Item