IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

NOVITA, SARI (2024) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NOVITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan supervisi pendidikan merupakan kegiatan yang san�gat penting untuk diterapkan di sekolah. Karena bentuk pengawasan kepala sekolah dinamakan supervisi oleh karena itu maka akan dil�akukan tindakan supervisi akademis dengan tujuan untuk mengarahkan guru dalam pemilihan bahan ajar, membimbing guru agar dapat memilih metode mengajar yang tepat, menyelenggarakan rapat evaluasi, dan membatu guru dalam penyusunan silabus. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif atau penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistema�tis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, penulis memerlukan beberapa metode pengumpulan data yaitu wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama islam kelas XI dan guru pendidikan agama islam kelas XII, observasi, dan dokumentasi. Dengan subjeknya yaitu Kepala Sekolah dan guru. Kemudian di Analisis menggunakan Analisis data dan keabsahan data mennggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu Kepala Sekolah telah melaksanakan supervisi Kepala Sekolah terhadap guru sesuai indikator keberhasilan. Seperti membimbing dan mengarahkan guru dalam pemilihan bahan ajar yang sesuai, membimbing guru agar dapat memilih metode mengajar yang tepat, menyelenggarakan rapat rutin untuk evaluasi, mengarahkan penyusunan silabus sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kata Kunci: Implementasi Supervisi Kepala Sekolah iv ABSTRACT Educational supervision activities are very important activi�ties to be implemented in schools. Because the school principal's form of supervision is called supervision, academic supervision will be car�ried out with the aim of directing teachers in selecting teaching mate�rials, guiding teachers to choose appropriate teaching methods, hold�ing evaluation meetings, and assisting teachers in syllabus prepara�tion. This research method is descriptive qualitative or field re�search which aims to obtain a systematic, factual and accurate de�scription of the facts, characteristics and relationships between the phenomena being investigated. To collect the necessary data, the au�thor needs several data collection methods, namely interviews with the school principal, class XI Islamic religious education teacher and class XII Islamic religious education teacher, observation, and docu�mentation. With the subjects being school principals and teachers. Then analyzed using data analysis and the validity of the data using technical triangulation and source triangulation. The conclusion from the research that has been carried out is that the Principal has carried out the Principal's supervision of teach�ers according to success indicators. Such as guiding and directing teachers in selecting appropriate teaching materials, guiding teachers to choose appropriate teaching methods, holding regular meetings for evaluation, directing the preparation of syllabi in accordance with the applicable curriculum. Keywords: Implementation of Principal Supervision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:58
Last Modified: 19 Feb 2024 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32411

Actions (login required)

View Item View Item