EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KEBUTUHAN KHUSUS DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

Supiyani, Resis (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KEBUTUHAN KHUSUS DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Bullying seringkali terjadi di dunia pendidikan, peserta didik merasa bahwa bullying merupakan hal biasa yang terjadi di lingkungan sekolah. Pada umumnya perilaku bullying di alami peserta didik normal, namun di sekolah inklusi peserta didik berkebutuhan khusus sangat rentan terhadap perilaku bullying. Kebiasan sederha yang dilakukan peserta didik seperti; memanggil dengan julukan, mengejek, menyindir, menjegal, dsb. Peserta didik tidak menyadari bahwa kebiasaan seperti itu termaksud dalam perilaku bullying, minimnya informasi bullying yang diberikan sekolah terhadap peserta didik, membuat ketidak pahaman peserta didik dalam berperilaku dan berbicara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan informasi bullying sebagai layanan bimbingan dan konseling efektif dalam menurunkan perilaku bullying peserta didik SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung, yaitu kelas XI IPA 5(yang di dalamnya terdapat 2 peserta didik berkebutuhan khusus) dan peserta didik kelas XI IPS 1(yang didalamnya terdapat 1 peserta didik berkebutuhan khusus) yang berjumpa 48 peserta didik, yang kemudian diberikan angket perilaku bullying yang telah diuji validitas. Sebagian besar peserta didik berapa pada kategori rendah, beberapa siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat penurunan perilaku bullying peserta didik setelah melakukan layanan bimbingan konseling dengan layanan informasi bullying dengan diperoleh (df) 46 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,013 maka thitung ≤ ttabel (-1.017 ≤ 2,013). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan konseling dengan layanan informasi bullying dapat menurunkan perilaku bullying peserta didik SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Kata Kunci: Layanan Informasi, layanan bimbingan dan konseling, Perilaku bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Mar 2017 04:25
Last Modified: 09 Mar 2017 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item