IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT BERBANTUAN GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SRAGI LAMPUNG SELATAN

LENI, NURAENI (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT BERBANTUAN GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SRAGI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENI NURAENI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LENI NURAENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran menemui beberapa kendala antara lain kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan guru. Keadaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: 1) Siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan. 2) Jam terakhir pembelajaran juga menjadi masalah dalam pembelajaran, terlihat banyak siswa yang mengantuk pada jam terakhir pelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran active learning tipe card sort berbantuan gambar dalam pembelajaran PAI materi tajwid pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Sragi Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field Reserch). Metode yang digunakan kualitatif deskriptif, yang melibatkan satu orang guru dan siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Sragi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Perencanaan model pembelajaran active learning tipe card sort berbantuan gambar dalam pembelajaran PAI materi tajwid yaitu dengan merancang RPP, menyiapkan kartu-kartu yang terdiri dari kartu induk dan kartu rincian, menyiapkan materi, dan mempersiapkan instrumen evaluasi penilaian. 2). Pelaksanaan model pembelajaran active learning tipe card sort berbantuan gambar dalam pembelajaran PAI materi tajwid sudah dilakukan oleh guru dengan cukup baik. Terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup/akhir. 3). Evaluasi model pembelajaran active learning tipe card sort berbantuan gambar dalam pembelajaran PAI materi tajwid meliputi 3 aspek penilaian Kognitif, Penilaian Afektif, dan Penilaian Psikomotorik. Kata Kunci : Active Learning, Card Sort, Implementasi iv ABSTRACT The learning process encountered several obstacles, including students' lack of understanding of the material taught by the teacher. This situation is caused by several factors, including: 1) Students pay less attention to the material being presented. 2) The last hour of class is also a problem in learning, it can be seen that many students are sleepy in the last hour of class. The aim of this research is to determine the planning, implementation and evaluation of the image�assisted card sort type active learning model in teaching PAI recitation material to class VIII students at SMP Negeri 2 Sragi Lampung Selatan. This research uses a type of field research (field research). The method used was descriptive qualitative, involving one teacher and students in class VIII of SMP Negeri 2 Sragi. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Data were analyzed qualitatively using data reduction, data display, and drawing conclusions. Checking the validity of the data uses triangulation of sources and techniques. The results of this research show that: 1). Planning for an active learning learning model using the image-assisted card sort type in learning PAI recitation material, namely by designing lesson plans, preparing cards consisting of main cards and detail cards, preparing materials, and preparing assessment evaluation instruments. 2). The implementation of the card sort type active learning learning model with the help of pictures in PAI learning Tajwid material has been carried out quite well by the teacher. Consisting of initial activities, core activities, and closing/final activities. 3). Evaluation of the card sort type active learning learning model with the help of pictures in learning PAI recitation material includes 3 aspects of Cognitive assessment, Affective Assessment and Psychomotor Assessment. Keywords: Active Learning, Card Sort, Implementation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:02
Last Modified: 19 Feb 2024 05:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32399

Actions (login required)

View Item View Item