IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA MANBA’UL ULUM GAYAU SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

NUR, AZILAH (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA MANBA’UL ULUM GAYAU SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR AZILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK SMA Manba‘ul Ulum Gayau Sakti Kabupaten Lampung Tengah merupakan sekolah menengah atas yang berada dalam lingkup pondok pesantren Manba‘ul Ulum dan bernuansa Islami. Bisa di lihat dari patuhnya siswa kepada guru yang mengajar tentunya dalam hal ini bisa menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.Manajemen mutu pembelajaran di SMA Manba‘ul Ulum masih dalam proses perbaikan untuk manajemen mutu pembelajaran yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya kinerja kepala sekolah dari tahun sebelumnya yang dapat dilihat dari turunnya rapor mutu Pendidikan di SMA Manba‘ul Ulum. Berdasarkan masalah tersebut, kepala sekolah melakukan perubahan secara intensif seperti memberikan resonasi dalam mewujudkan ,menyatukan dan menjalankan secara sistematis dengan program yang sesuai dalam visi misi sekolah untuk menghasilkan output intelek professional, religius dan berahlakul mulia. Menurut teori Edward Salis ada 5 indikator dalam manajemen mutu pembelajaran meliputi perbaikan secara terus menerus, menentukan standar mutu,perubahan kultur, perubahan organisasi, dan mempertahankan hubungan wali murid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen mutu pembelajaran di SMA Manba‘ul Ulum Gayau Sakti Kabupaten Lampung Tengah. Berkaitan dengan implementasi manajemen mutu pembelajaran di SMA Manba‘ul Ulum Gayau Sakti Kabupaten Lampung Tengah yaitu : meliputi perbaikan secara terus menerus, menentukan standar mutu dan perubahan kultur di SMA Manba‘ul Ulum Gayau Sakti Kabupaten Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif. Sumber informasi diperoleh penulis dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan inferensi. Dalam pengecekan keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian implementasi manajemen mutu pembelajaran di SMA Manba‘ul Ulum Gayau Sakti Kabupaten Lampung Tengah menunjukkan bahwa: 1) Perbaikan secara terus menerus berjalan dengan baik dapat dilihat dari kinerja kepala sekolah, serta Rencana Perangkat Pembelajaran di sekolah. 2) menentukan standar mutu yang di tetapkan oleh kepala sekolah berjalan efektif.3) Perubahan kultur yang masih optimal. Kata Kunci : Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran, Sekolah Menengah Atas iv ABTRACT Manba'ul Ulum Gayau Sakti High School, Central Lampung Regency is a senior high school within the scope of the Manba'ul Ulum Islamic boarding school and has an Islamic nuance. It can be seen from the students' obedience to the teachers who teach, of course this can create effective and efficient learning. Learning quality management at Manba'ul Ulum High School is still in the process of improvement for good learning quality management. This can be seen from the lack of performance of the principal from the previous year which can be seen from the decline in the education quality report at Manba'ul Ulum High School. Based on these problems, the school principal makes intensive changes such as providing resonance in realizing, uniting and carrying out systematically programs that are in accordance with the school's vision and mission to produce professional, religious and noble intellectual output. According to Edward Salis's theory, there are 5 indicators in learning quality management, including continuous improvement, determining quality standards, cultural changes, organizational changes, and maintaining parent-student relationships. The aim of this research is to describe the implementation of learning quality management at Manba'ul Ulum Gayau Sakti High School, Central Lampung Regency. In relation to the implementation of learning quality management at Manba'ul Ulum Gayau Sakti High School, Central Lampung Regency, namely: including continuous improvement, determining quality standards and cultural changes at Manba'ul Ulum Gayau Sakti High School, Central Lampung Regency. The research method used by the researcher was qualitative. The researcher obtained the source of information from primary and secondary data. The data collection methods used by the researcher are interviews, observation and documentation. The data obtained was then analyzed using data reduction techniques, data presentation, data verification and inference. In checking the validity of the data, the researcher uses source triangulation and technical triangulation. The results of research on the implementation of learning quality management at Manba'ul Ulum Gayau Sakti High School, Central Lampung Regency show that: 1) Continuous improvement is going well, which can be seen from the performance of the principal, as well as the Learning Tool Plan at the school. 2) determine whether the quality standards set by the school principal are effective. 3) Cultural changes are still optimal. Keywords: Implementation of Learning Quality Management, Senior High School

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:37
Last Modified: 16 Feb 2024 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32385

Actions (login required)

View Item View Item