RELEVANSI ANTARA MENGHAFAL AL- QUR’AN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL- HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG)

Desi, Kurnia. R (2024) RELEVANSI ANTARA MENGHAFAL AL- QUR’AN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL- HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Desi Kurnia. R.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap instansi Pendidikan memiliki peserta didik dengan berbagai karakter dan persoalan masing-masing. Beberapa santri yang kurang serius dalam proses menghafal Al-Qur‟an yang ada di Pondok Pesantren Al Hikmah ini, seperti kurang fokus pada hafalan, ada pula beberapa santri hanya sekedar menghafal tetapi tidak memahami makna ayatnya, hal ini menunjukkan bahwa mereka kurang menghayati setiap ayat-ayat yang telah mereka hafalkan. Hal tersebut terjadi karna santri tidak bisa focus dan ketenangan jiwanya terganggu. Maka pentingnya kecerdasan spiritual dalam proses menghafal al- qur‟an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analisis, lalu data-data yang diperoleh berasal dari dua sumber yaitu primer dan sekunder, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan dan keterkaitan dari kegiatan menghafal al-qur‟an dengan kecerdasan sepiritual santri. Hasil penelitian ini penelitian ini ada keterkaitan dari proses menghafal dengan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Al Hikmah. Dalam proses menghafal itu mereka bisa merasakan perubahan pada diri sendiri yang sebelumnya belum bisa memahami makna al qur‟an setalh menghafal mereka bisa menghayatinya dan juga dalam proses menghafal ini santri harus fokus untuk bisa mengingat dan memahami tentang Al�qur‟an yang bertujuan untuk menaikan drajat orang tua nya di surga yang di tolong dari ayat-ayat al-qur‟an yang di hafal mereka. Kata Kunci: menghafal al-qur’an, kecerdasan spiritual santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2024 04:30
Last Modified: 15 Feb 2024 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32376

Actions (login required)

View Item View Item