PENGARUH METODE AMONG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 DURIAN PAYUNG BANDAR LAMPUNG

Abdaa, Idzaa Shollaa (2024) PENGARUH METODE AMONG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 DURIAN PAYUNG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ABDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan pemahaman konsep peserta didik rendah maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan perlunya memakai metode pembelajaran yang dapat membuat pemahaman konsep peserta didik mencapai nilai yang diharapkan. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh signifikan Metode Among Terhadap Pemahaman Konsep PPKn Peserta didik Kelas IV SD Negeri 1 Durian Payung Bandar Lampung. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih rendahnya pemahaman konsep PPKn peserta didik karena beberapa metode pembelakaran yang sudah dilakukan masih kurang dalam menunut keaktifan peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pra penelitian yang menunjukkan presentase nilai peserta didik masih rendah. Maka dari itu penulis melakukan penelitian menggunakan metode pembelajaran Among. Rumusa masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh signifikan metode among terhadap pemahaman konsep PPKn peserta didik. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Metode Among Terhadap Pemahaman Konsep PPKn Peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperimental Design. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan menggunakan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Durian Payung Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Purposive Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV A dan untuk kelas kontrol adalah kelas IV B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku�buku tentang metode Among dan jurnal-jurnal yang terkait dengan metode Among pada materi gotong royong dan musyawarah. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa metode eksperimen dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig iv 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode among terhadap pemahaman konsep siswa dan materi gotong royong dan musyawarah melalui metode among dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci : Metode Among, Pemahaman Konsrpe, PPKn v ABSTRACT The problem in this research is that students still have difficulty understanding the subject matter during the learning process, this results in students' understanding of the concept still not reaching the Learning Goal Achievement Criteria (KKTP), therefore the researcher concludes that in learning Pancasila and Citizenship Education it is necessary to use learning methods which can make students understand the concept of achieving KKTP. The aim of this research is to see the influence of the Among Method on the Conceptual Understanding of Class IV Students at SD Negeri 1 Durian Payung Bandar Lampung. This research is quantitative experimental research and the type of experiment is Quasi Experimental Design. This type of research uses a posttest in the experimental class and control class. This research was carried out at SD Negeri 1 Durian Payung Bandar Lampung using a sampling technique, namely the Purposive Sampling technique. The sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class IV A and the control class is class IV B. The data collection technique uses tests. Data was obtained from books about the Among method and journals related to the Among method in the material of mutual cooperation and deliberation. Based on the results of data analysis, it can be said that the experimental method in calculating the t-test, obtained a sig value of 0.000, so if the Sig value is 0.05 (5%) in Sig (2-tailed) then H0 is rejected and HI is accepted. It can be concluded that there is a significant influence of the among method on students' understanding of concepts and the material of mutual cooperation and deliberation through the among method can have a positive impact on the learning process and students' understanding of concepts. Keywords: Among Method, Concept Understanding, PPKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:46
Last Modified: 16 Feb 2024 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32375

Actions (login required)

View Item View Item