ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH MASYARIQUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

SITI, NUR AINI (2024) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH MASYARIQUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya optimalisasi terhadap keterampilan dalam mengelola kelas yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Tematik kelas V Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung , Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas V dan siswa kelas V B di Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Uji keabsahan data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Sedangkan untuk analisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan keterampilan pengelolaan kelas guru kelas V B dalam Guru kelas V B Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung dalam:1) menciptakan iklim belajar yang optimal dimana guru sebagai pengelola sudah mampu menguasai apa yang ada didalam prinsip-prinsip pengelolaan kelas untuk mengatasi dan mengurangi gangguan didalam kelas. Dalam pengelolaan kelas seorang guru harus mempunyai enam (6) prinsip dalam pengelolaan kelas, yaitu kehangatan dan antusias, tantangan, variasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif dan penanaman disiplin diri. 2) Guru kelas V B Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung dalam mengatur ruangan,untuk penempatan tempat duduk guru hanya menerapkan format konvensional dimana posisi tempat duduk siswa menggunakan format baris dan kolom. Guru kelas V B juga melakukan Rolling tempat duduk setiap 1 minggu sekali.3) Guru kelas V B Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung dalam mengelola interaksi belajar mengajar sudahcukup baik. keterampilan dasar mengajar diantaranya yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan menjelaskan. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas iv ABSTRACT The problem in this research is the lack of optimization of classroom management skills carried out by teachers in the learning process. The aim of this research is to determine teacher skills in classroom management in class V Thematic learning at Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung. This research is descriptive qualitative research. This research was carried out at Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung. The subjects in this research were class V teachers and class V B students at Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung. Data collection techniques are carried out through interviews, observation and documentation. Test the validity of the data through technical triangulation and source triangulation. Meanwhile, analysis goes through 3 stages, namely data reduction, data presentation and conclusions. The results of the research show that in implementing the classroom management skills of class V B teachers in class V B Teachers of Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung in: 1) creating an optimal learning climate where teachers as managers are able to master what is in the principles of classroom management to overcome and reduce distractions in the classroom. In classroom management, a teacher must have six (6) principles in classroom management, namely warmth and enthusiasm, challenge, variety, flexibility, emphasis on positive things and instilling self�discipline. 2) The class V B teacher at Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung in arranging the room, for seating placement the teacher only applies a conventional format where the students' seating positions use a row and column format. The class V B teacher also rolls seats once a week. 3) The class V B teacher at Madrasah Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung in managing teaching and learning interactions is quite good. Basic teaching skills include opening and closing skills, asking questions, strengthening skills, guiding small group discussions, and explaining skills. Keywords: Teacher Skills, Classroom Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:42
Last Modified: 16 Feb 2024 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32367

Actions (login required)

View Item View Item