PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HADRAH AL-HABSYI DALAM MENGAKTUALISASIKAN NILAI - NILAI KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA NEGERI 1 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR

SITI, ROHMATUL KHOIRIYAH (2024) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HADRAH AL-HABSYI DALAM MENGAKTUALISASIKAN NILAI - NILAI KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA NEGERI 1 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Siti rohmatul khoiriyah 1-5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Siti rohmatul khoiriyah 1-2,dan 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi yang canggih Banyak peserta didik yang hafal atau suka dengan lagu-lagu k-pop dari pada hafal lagu religi yang mengandung Islami, Sehingga peserta didik banyak yang kurang memahami nilai kebudayaan Islam, dan bisa melakukan berbagai perbuatan yang bertolak belakang dengan moral, mulai dari busana saat diluar sekolah dan lebih suka menonton konser. untuk menyikapi hal ini agar seseorang tidak hilang jati dirinya maka diperlukannya sikap kritis dan teliti serta pilah memilah mana yang sekiranya baik dan mana yang buruk, Disini pihak sekolah membuat upaya menimalisir hal tersebut agar siswa tidak terlalu mengikuti budaya barat, Sehingga diadakannya kegiatan ekstrakurikuler hadroh Al-habsyi dalam mengaktualisasikan Nilai�nilai Kebudayaan Islam di SMA Negeri 1 Pasir Sakti Lampung Timur. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah Al-habsyi dalam mengaktualisasikan nilai - nilai Kebudayaan Islam dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus penelitian lapangan (field resert) dalam artian penelitian ini difokuskan pada satu fenomena saja yang ingin dipahami secara mendalam. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model miles hubermen meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. untuk keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah Al-habsyi dalam mengaktualisasikan nilai-nilai kebudayaan islam di SMA Negeri 1 Pasir Sakti Lampung timur ini dilaksanakan setiap hari kamis jam 15.25 - 16.25 setelah jam terakhir pelajaran sekolah (jam pulang sekolah), dilaksanakan di mushola, yang mana pada setiap kegiatan rutinnya selalu didampingi oleh pembina hadrah, dalam pelaksanaannya memiliki hal yang berbeda dan unik yang mana tidak hanya belajar rumus dan alat hadrah saja melainkan dimulai dari pembina hadrah membuka dengan muqodimah iii lalu memimpin do’a sebelum di mulainya kegiatan, setelah itu pembina hadrah dan pelatih hadrah memberikan motivasi, pelatih hadrah mengulas materi sebelumnya kemudian memberikan materi baru yang setiap pertemuan berbeda dimana pertemuan awal diberi materi pengenalan mengenai hadrah al-habsyi, sejarahnya, manfaat bersholawat, lalu pada pertemuan selanjutnya di beri materi syair�syair hadrah, rumus hadrah, dan pertemuan selanjutnya belajar membaca Al-qur’an dan Al-berzanji setelah itu pertemuan selanjutnya konditional bisa memvariasi antara sholawat dengan alat musik hadrah dan lainya. dalam kegiatan ini peneliti menemukan nilai- nilai kebudayaan Islam dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu terdapat nilai : pengetahuan, sosial, ubudiyah, nilai akhlak/tingkah laku, nilai religus dan yang terakhir yaitu nilai moral. Kata Kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler, Hadrah Al-Habsyi, Nilai�nilai Kebudayaan Islam iv ABSTRACT With the development of the times and sophisticated technology, many students memorize or like K-pop songs rather than memorizing religious songs that contain Islamic content, so that many students do not understand the values of Islamic culture, and can carry out various contradictory actions. with morals, starting from clothing when outside of school and preferring to watch concerts. To address this so that a person does not lose their identity, a critical and careful attitude is needed and to sort out what is good and what is bad. Here the school makes efforts to minimize this so that students do not follow western culture too much, so that extracurricular activities are held hadroh Al-has been involved in actualizing Islamic Cultural Values at SMA Negeri 1 Pasir Sakti, East Lampung. The aim of this research is to find out how Hadrah Al�Habsyi's extracurricular activities are implemented in actualizing the values of Islamic culture using a qualitative descriptive approach with case study research type, field research, in the sense that this research is focused on just one phenomenon that you want to understand in depth. The methods used to collect data in this research are: observation, interviews, and documentation. Data analysis used by the Miles Hubermen model includes: data reduction, data presentation and drawing conclusions. For the validity of the data the author uses source triangulation and method triangulation. From the research results, it was found that the implementation of Hadrah Al-Habsyi's extracurricular activities in actualizing Islamic cultural values at SMA Negeri 1 Pasir Sakti, East Lampung was carried out every Thursday at 15.25 - 16.25 after the last hour of school lessons (after school time), held in the prayer room.which in every routine activity is always accompanied by a hadrah coach, in its implementation there are different and unique things which are not only learning hadrah formulas and tools but starting with the hadrah coach opening with a muqodimah then leading prayers before the start of the activity, after The hadrah coaches and hadrah trainers provide motivation, the hadrah trainer reviews the previous material then provides new material, each v meeting is different, where at the initial meeting they are given introductory material about hadrah al-habsyi, its history, the benefits of praying, then at the next meeting they are given material about hadrah poetry. , hadrah formulas, and the next meeting learns to read the Al-Qur'an and Al-berzanji. After that, the next meeting can conditionally vary between prayers and hadrah musical instruments and other things. In this activity the researcher found Islamic cultural values in the implementation of this activity, namely there are values: knowledge, social, ubudiyah, moral/behavioral values, religious values and finally moral values. Keywords: Extracurricular Activities, Hadrah Al-Habsyi, Islamic Cultural Values

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:30
Last Modified: 16 Feb 2024 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32366

Actions (login required)

View Item View Item