HUBUNGAN SELF ESTEEM DENGAN MOTIVASI BERPRESTASIPESERTA DIDIK SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG YANG MENGALAMI BROKEN HOME

Fitri, Ramadhani (2024) HUBUNGAN SELF ESTEEM DENGAN MOTIVASI BERPRESTASIPESERTA DIDIK SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG YANG MENGALAMI BROKEN HOME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Self Esteem dengan Morivasi Berprestasi Peserta Didik SMA Negeri 14 Bandar Lampung Yang Mengalami Broken Home Oleh : Fitri Ramadhani Permasalahan mengenai motivasi berprestasi siswa sangat perlu di perhatikan lagi terutama motivasi berprestasi siswa yang di pengaruhi oleh self esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dengan morivasi berprestasi siswa SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang mengalami broken home. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang mengalami broken home dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini didapatkan menggunakan teknik proposive sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang disebar melalui bantuan google form dengan jumlah partisipan sebanyak 43 siswa yang mengalami broken home. Teknik pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu skala motivasi berprestasi berjumlah 25 aitem (α = 0.887). dan skala self esteem berjumlah 19 aitem (α = 0.885). teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product momrent dengan bantuan software SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R = 0.417 dengan signifikansi 0.005 (p<0.05) artinya terdapat hubungan positif signifikan antara self esteem dengan motivasi berprestasi pesrta didik SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang mengalami broken home dengan sumbangan efektifitas sebesar 17.4%. sisanya diperngaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Karta kunci : Motivasi berpretasi, Self esteem iii ABSTRACT The Relationship between Self Esteem and Achievement Motivation of Bandar Lampung 14 Public High School Leaners Who Experience Broken Homes By : Fitri Ramadhani The problem of student achievement motivation really needs to be paid more attention, especially student achievement motivation which is influenced by self-esteem. This research aims to determine the relationship between self-esteem and achievement motivation of Leaners at SMA Negeri 14 Bandar Lampung who experienced a broken home. The population in this study were students at SMA Negeri 14 Bandar Lampung who experienced broken homes using quantitative research methods. Participants in this research were obtained using a proportional sampling technique. The data collection tool in this research used a Likert scale distributed via Google Form with a total of 43 students who experienced broken homes. The data collection technique uses two scales, namely the achievement motivation scale with 25 items (α = 0.887). and the self-esteem scale has 19 items (α = 0.885). The data analysis technique in this research uses the product moment correlation technique with the help of SPSS 25 for Windows software The results of this research show a value of R = 0.417 with a significance of 0.005 (p<0.05), meaning that there is a significant positive relationship between self-esteem and achievement motivation of students at SMA Negeri 14 Bandar Lampung who experienced a broken home with an effectiveness contribution of 17.4%. the rest is influenced by other variables not examined in this research Keywords: Achievement motivation, Self esteem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:00
Last Modified: 12 Feb 2024 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32359

Actions (login required)

View Item View Item