PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK EKSPOSITORI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MTS ISLAMIYAH ULU DANAU KECAMATAN SINDANG DANAU KABUPATEN OKU SELATAN SUMATERA SELATAN

Nensi, Sagita (2024) PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK EKSPOSITORI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MTS ISLAMIYAH ULU DANAU KECAMATAN SINDANG DANAU KABUPATEN OKU SELATAN SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI NENSI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi Belajar merupakan hasrat atau dorongan yang timbul pada diri seseorang. Peserta didik dapat dikatakan memiliki motivasi belajar yang tinggi apabila mempunyai ciri-ciri diantaranya : tekun mengerjakan tugas, ulet menghadapi kesulitan, senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Fenomena yang ada di Mts Islamiyah Ulu Danau, terdapat peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Layanan yang diberikan oleh guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Adapun alat pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah guru BK yaitu ibu Isma Hasanah. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa setelah adanya layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori ini diterapkan, perubahan yang di alami peserta didik cukup baik karena dilihat dari pengamatan yang ada bahwa peserta didik menunjukkan perubahan yang signifikan yang bertahap, sehingga dapat meningkatkan semangat nya dalam belajar, seperti yang awalnya pasif peserta didik mulai bertanya dan aktif dalam belajar, awalnya tidak bersemangat dalam belajar peserta didik menjadi bersemangat, dan tentunya hal itu berdampak positif sehingga peserta didik bisa meningkatkan prestasi yang baik di sekolah sehingga bisa berkembang lebih optimal lagi. Selain itu hal ini juga melihat dari hasil lembar evaluasi penilaian baik evaluasi proses dan evaluasi hasil yang diberikan pada saat dilaksanakan layanan bimbingan klasikal kepada peserta didik. Kata Kunci: Layanan bimbingan Klasikal, Teknik Ekspositori, Motivasi Belajar iv ABSTRACT Learning Motivation is a desire or impulse that arises in a person. Students can be said to have high learning motivation if they have the following characteristics: being diligent in carrying out assignments, being tenacious in facing difficulties, enjoying finding and solving problems. The phenomenon at Mts Islamiyah Ulu Danau is that there are students who have low learning motivation. The services provided by guidance and counseling teachers to increase students' learning motivation use classical guidance services with expository techniques. The theory used in this research is the classical guidance service theory with expository techniques to increase students' learning motivation. This research uses qualitative research with a case study research design. The data collection tools used observation, interviews and documentation, while the subject in this research was the guidance and counseling teacher, namely Mrs. Isma Hasanah. Based on the research results, it was found that after classical guidance services with expository techniques were implemented, the changes experienced by students were quite good because it was seen from existing observations that students showed significant, gradual changes, so that they could increase their enthusiasm for learning, such as initially passive students began to ask questions and were active in learning, initially not enthusiastic about learning students became enthusiastic, and of course this had a positive impact so that students could improve their good performance at school so they could develop even more optimally. Apart from that, this also looks at the results of the evaluation sheet, both process evaluation and results evaluation provided when classical guidance services are provided to students. Keywords: Classical tutoring services, Expository Techniques, Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:04
Last Modified: 16 Feb 2024 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32354

Actions (login required)

View Item View Item