UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA MATERI IPA DI KELAS V SDN 1 PENAWAR REJO TULANG BAWANG

Reni, Angres Widiastuti (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA MATERI IPA DI KELAS V SDN 1 PENAWAR REJO TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI RENI ANGRES BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI ANGRES FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang menarik yang dapat membuat peserta didik aktif dalam kegiatan belajar. Hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 penawar rejo Tulang Bawang menunjukan bahwa lebih dari 50% siswa masih belum lulus KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Make a Match Pada Materi IPA di kelas V di SD 1 Penawar Rejo Tulang Bawang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VB SD Negeri 1 penawar Rejo dengan jumlah 21 peserta didik. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, setelah diterapkan model pembelajaran make a match pada siklus I mengalami peningkatan yakni dengan jumlah peserta didik 21 yang tuntas 13 peserta didik (61,9%), sedangkan yang tidak tuntas 8 anak (38,0%). Selanjutnya pada siklus II dengan jumlah 21 peserta didik yang tuntas 16 anak (76,2%) sedangkan yang tidak tuntas 5 anak (23,8%). Sedangkan pada siklus III dengan jumlah 21 peserta didik yang tuntas yaitu 18 anak (85,7%), lalu peserta didik yang tidak tuntas yaitu 3 anak (14,3%). Demikian model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VB SD Negeri Penawar Rejo. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Make a match iv ABSTRACT Selection of appropriate learning methods greatly affect the high and low learning outcomes of students. Therefore, it is necessary to apply interesting learning methods that can make students active in learning activities. The learning outcomes of students in class V SDN 1 Penawar Rejo Tulang Bawang show that more than 50% of students have not passed the KKM. This study aims to improve student learning outcomes through the application of the Make a Match model in Science Materials in class V at SD 1 Penawar Rejo Tulang Bawang. This research is a class action research (Classroom Action Research), conducted in three cycles. Each cycle is carried out three meetings, with four stages namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study were all VB class students at SD Negeri 1 Penawar Rejo with a total of 21 students. Data was collected through observation sheets and tests in each cycle. The results showed that, after applying the make a match learning method in cycle I, there was an increase, namely with the number of students 21 who completed 13 students (61.9%), while those who did not complete were 8 children (38.0%). Furthermore, in cycle II with a total of 21 students who completed 16 children (76.2%) while those who did not complete 5 children (23.8%). Whereas in cycle III with a total of 21 students who completed, namely 18 children (85.7%), then students who did not complete, namely 3 children (14.3%). Thus the Make a Match learning method can improve student learning outcomes in class VB SD Negeri Penawar Rejo. Keywords: Make a match method, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 05:07
Last Modified: 16 Feb 2024 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32350

Actions (login required)

View Item View Item