BIMBINGAN ISLAMI DALAM MENANGANI PERILAKU TABARRUJ DI KALANGAN WANITA ISLAM (Studi Pada Kegiatan Ibu-ibu Anggota Pengajian Dalam Menghadiri Walimah Desa Tanjung Kemala Kabupaten Tanggamus)

AJENG, PRIHATIN (2024) BIMBINGAN ISLAMI DALAM MENANGANI PERILAKU TABARRUJ DI KALANGAN WANITA ISLAM (Studi Pada Kegiatan Ibu-ibu Anggota Pengajian Dalam Menghadiri Walimah Desa Tanjung Kemala Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AJENG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut hasil observasi pra penelitian yang penulis lakukan di Desa Tanjung Kemala Kabupaten Tanggamus, sebagian Ibu-ibu sering memakai memakai pakaian yang berlebihan serta berpakaian yang menonjolkan dada dan lain sebagainya sehingga menjadikannya ajang pamer. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis mengadakan penelitian yang berjudul “Bimbingan Islami Dalam Menangani Perilaku Tabarruj di Kalangan Wanita Islam (Studi Pada Kegiatan Ibu-ibu Anggota Pengajian Dalam Menghadiri Walimah Desa Tanjung Kemala Kabupaten Tanggamus)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perilaku tabarruj di kalangan Ibu-ibu di Desa Tanjung Kemala Kabupaten Tanggamus. (2) Untuk mengetahui tahapan dan metode bimbingan Islami dalam menangani perilaku tabarruj di kalangan wanita Islam Desa Tanjung Kemala Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Data primer didapatkan langsung dari wawancara 6 orang yakni 1 orang Tokoh Agama dan 5 orang Ibu-ibu anggota pengajian dalam menghadiri walimah di Desa Tanjung Kemala Kabupaten Tanggamus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa perilaku tabarruj Ibu�ibu di Desa Tanjung Kemala yaitu kebiasaan memakai perhiasan emas yang berlebihan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan informasi bahwa terdapat perilaku tabarruj pada Ibu-ibu di Desa Tanjung Kemala. Perilaku tabarruj ini nampak pada kegiatan walimahan, pengajian, bahkan saat takziyah dijadikan ajang pamer perhiasan. Tidak jarang Ibu-ibu di Desa Tanjung Kemala memakai perhiasan emas dengan ukuran besar. Hal ini bertujuan agar mereka dianggap kaya. Tahapan bimbingan Islami dalam menangani perilaku tabarruj Ibu-ibu di Desa Tanjung Kemala secara 3 tahap yaitu tahap pembukaan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Metode bimbingan Islami dalam menangani perilaku tabarruj Ibu-ibu di Desa Tanjung Kemala menggunakan metode nasihat dan ceramah. Proses pelaksanaan bimbingan Islami Ibu-ibu di Desa Tanjung Kemala ini dengan cara berkelompok yaitu pengajian rutin setian hari Jumat ba’da Isya serta diselingi senda gurau untuk sedikit merilekskan para jamaah dapat menimbulkan perubahan bagi para jamaah yang mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan mengikuti bimbingan Islami di Ibu-ibu di Desa Tanjung Kemala iii merasakan adanya perubahan perilakunya menjadi lebih baik, walaupun membutuhkan proses waktu yang tidak begitu cepat. Kata kunci : Bimbingan Islami, Perilaku Tabarruj, Wanita Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:56
Last Modified: 12 Feb 2024 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32348

Actions (login required)

View Item View Item