MANAJEMEN KESISWAAN DI MTS AL�MUHAJIRIN PANJANG BANDAR LAMPUNG

OKTAFIANES, MALIKI (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DI MTS AL�MUHAJIRIN PANJANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi oktafianes - 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi okta full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas “Mengenai Manajemen Kesiswaan Di Mts Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis kebutuhan peserta didik di MTs Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung, untuk mengetahui rekrutmen peserta didik di MTs Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung, untuk mengetahui pengelompokan peserta didik di MTs Al�Muhajirin Panjang Bandar Lampung, dan untuk mengetahui pembinaan dan pengembangan peserta didik di di MTs Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, perwakilan guru, wali murid, dan siswa. Teknik pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Sumber data penelitian: Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Staf Tata Usaha, dan guru matematika. Dalam analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukan bahwa:1) Analisis Kebutuhan Peserta Didik dilakukan dengan, menentukan jumlah peserta didik yang akan diterima berdasarkan daya tampung kelas, rasio murid dan guru. Setelah itu menyusun program kesiswaan berdasarkan visi misi sekolah, minat dan bakat peserta didik, sarana prasarana, anggaran, dan tenaga kependidikan yang tersedia. 2) Rekrutmen Peserta Didik dilakukan dengan membentuk panitia penerimaan peserta didik baru, menentukan syarat-syarat calon peserta didik, menyediakan formulir pendaftaran, pengumuman calon pendaftar, waktu pendaftaran, dan iii pengumuman calon yang akan diterima. 3) pengelompokan peserta didik dilakukan dengan menerapkan fungi integrasi yang mana dalam pengelompokan peserta didik juga menerapkan fungsi perbedaan yang mana sekolah melakukan seleksi untuk mengetahui kemampuan siswa yang akan dikelompokan pada kelas unggul dan reguler. 4) Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik dilakukan melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler. untuk kegiatan kulikuler di MTs Al�Muhajirin Panjang Bandar Lampung sudah sesuai dengan program tahunan, program semester, dan silabus yang sudah dirancang. Untuk kegiatan ekstra kulikuler Mts Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung memiliki 5 macam ekstra kuliker yaitu taekwondo, tari, pramuka, rohis, dan hadroh. Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan iv ABSTRACT This research discusses "About Student Affairs Management at Mts Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung". The purpose of this research is to determine the analysis of student needs at MTs Al�Muhajirin Panjang Bandar Lampung, to determine student recruitment at MTs Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung, groupin of student at Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung, and to determine the guidance and development of students at MTs Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung. This research uses a qualitative type of research with a descriptive approach, and the research subjects are the principal, deputy principal for student affairs, teacher representatives, parents and students. Data collection techniques were taken from interviews, observation and documentation. The data validity test was carried out by source triangulation. Research data sources: Head of Madrasah, Deputy Head of Student Affairs, Administrative Staff, and mathematics teachers. In data analysis through the process of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions and verification. Based on research conducted by researchers, it shows that: 1) Analysis of Student Needs is carried out by determining the number of students who will be accepted based on class capacity, student and teacher ratio. After that, prepare a student program based on the school's vision and mission, students' interests and talents, infrastructure, budget and available educational staff. 2) Student recruitment is carried out by forming a new student admission committee, determining the requirements for prospective students, providing registration forms, announcements of prospective applicants, registration times, and announcements of candidates who will be accepted. 3) The grouping of students is carried out by applying the integration function, which in grouping students also applies the difference function, where the school carries out selection to determine the abilities of students who will be grouped into v superior and regular classes. 4) Student guidance and development is carried out through curricular and extra-curricular activities. The curricular activities at MTs Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung are in accordance with the annual program, semester program and syllabus that have been designed. Scout extra-curricular activities are mandatory for all students to participate in to train the discipline of all students at Mts Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung. Keywords: Student Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:46
Last Modified: 15 Feb 2024 09:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32346

Actions (login required)

View Item View Item