PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN IPNU IPPNU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMA ISLAM KEBUMEN TANGGAMUS LAMPUNG

Devi, Tri Susanti (2024) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN IPNU IPPNU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMA ISLAM KEBUMEN TANGGAMUS LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Devi Tri Susanti FULL.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Devi Tri Susanti BAB 1&5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IPNU IPPNU memiliki peran sebagai wadah mengarahkan para pelajar kedalam kegiatan yang positif. Meskipun IPNU IPPNU memiliki banyak kegiatan yang membantu meningkatkan motivasi belajar PAI namun tidak semua siswa memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut ketika siswa aktif mengikuti kegiatan IPNU IPPNU menjadi cara agar siswa dapat berinteraksi baik dengan teman maupun masyarakat luas. Kegiatan IPNU IPPNU ini dapat memicu motivasi belajar khususnya PAI yang mereka dapatkan dari pengalaman melalui kegiatan-kegiatan IPNU IPPNU. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas XI di SMA Islam Kebumen Tanggamus Lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU terhadap motivasi belajar PAI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI anggota IPNU IPPNU di SMA Islam Kebumen Tanggamus Lampung sebanyak 60 siswa. Sampel yang peneliti ambil adalah keseluruhan dari populasi dikarekan populasi kurang dari 100. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket (Skala Likert). Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis pearson product moment dan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis korelasi pearson product moment telah diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Dapat disimpulkan bahwa 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 duterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas XI di SMA Islam Kebumen Tanggamus Lampung. Adapun tingkat hubungan variabel keaktifan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU (X) dengan motivasi belajar PAI (Y) diperoleh nilai r tabel untuk 60 responden dengan lefel of significant 5 % adalah 0,482. Sehingga kesimpulannya adalah tingkat hubungan antara variabel X dan variabel Y memiliki kolerasi yang cukup. Diperoleh juga nilai R Square atau koefesien determinasi sebesar 0,308 yang kemudian di persentase menjadi 30,8 % yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (X) memiliki pengaruh terhadap variabel terikat (Y). Kata Kunci: Keaktifan, IPNU IPPNU, Motivasi Belajar PAI iii ABSTRAC IPNU IPPNU has a role as a forum to direct students into positive activities. Although IPNU IPPNU has many activities that help increase PAI learning motivation, not all students have the opportunity to participate in these activities when students actively participate in IPNU activities, IPPNU is a way for students to interact with both friends and the wider community. IPNU IPPNU activities can trigger learning motivation, especially PAI that they get from experience through IPNU IPPNU activities. The formulation of the problem in this study is whether there is an influence of activeness in participating in IPNU IPPNU activities on the motivation to learn PAI grade XI students at SMA Islam Kebumen Tanggamus Lampung? The purpose of this study is to determine the effect of activeness in participating in IPNU IPPNU activities on PAI learning motivation. This study used quantitative survey method. The population in this study was all grade XI students of IPNU IPPNU members at SMA Islam Kebumen Tanggamus Lampung as many as 60 students. The sample that the researchers took was the entire population with a population of less than 100. The data collection technique in this study used a questionnaire (Likert Scale). Data analysis techniques in this study used pearson product moment analysis and simple linear regression analysis using the help of SPSS program version 25. The results of this study based on pearson product moment correlation analysis have obtained a significance value of 0.000. It can be concluded that 0.000 < 0.05 which means that H0 is rejected and H1 is accepted. This shows that there is a significant positive influence between the activeness of participating in IPNU IPPNU activities on the motivation to learn PAI grade XI students at SMA Islam Kebumen Tanggamus Lampung. The level of relationship between the variable of activeness following IPNU IPPNU activities (X) with PAI learning motivation (Y) obtained the r value of the table for 60 respondents with a lefel of significant 5% is 0.482. So the conclusion is that the level of relationship between variable X and variable Y has sufficient correlation. Also obtained the value of R Square or coefficient determination of 0.308 which is then in percentage to 30.8% which can be concluded that the independent variable (X) has an influence on the dependent variable (Y). Keywords: Activeness, IPNU IPPNU, PAI Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:37
Last Modified: 15 Feb 2024 09:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32344

Actions (login required)

View Item View Item