MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGUL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

ELFA, DIANA (2024) MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGUL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of elfa bab 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Elfadiana CETAK full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas “Manajemen Program Kelas Unggul Untuk Meningkatkan Daya Saing di MAN 1 Bandar Lampung”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan madrasah yang semakin besar untuk memikat animo masyarakat terhadap madrasah dengan berbagai inovasi. Salah satu inovasi tersebut berupa penyelenggaraan program kelas unggul yang menawarkan berbagai pilihan program kepada calon peserta didik sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimilikinya. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pada program kelas unggul di MAN 1 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, diperoleh hasil bahwa: 1) Perencanaan program kelas unggulnya sudah cukup baik dalam bentuk perencanaan programnya yang sistematis, terarah, jelas, dan realistis. Perencanaan-perencanaan yang dilakukan berupa sumber daya manusia, sarana dan prasarana, materi pembelajaran, kurikulum, tenaga pengajar dan juga biaya atau anggarannya. Sehingga pelaksanaan program tersebut sesuai dengan visi dan misi MAN 1 Bandar Lampung. 2) Pengorganisasian kelas unggul sudah cukup baik dalam pelaksanaan pembentukan struktur pengelola kelas unggulmya, yang didalamnya menjelaskan tugas dan wewenang masing-masing sehingga sesuai dengan visi dan misi MAN 1 Bandar Lampung. Adapun tim pengelola kelas unggul terdiri dari ketua, sekretaris, dan semua wali kelas unggul. Sedangkan untuk tenaga pengajarnya diseleksi terlebih dahulu dan mengajarnya sesuai dengan bidang yang dimilikinya. 3) Pelaksanaan program kelas unggul sudah cukup baik dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, dimana pembelajaran kelas unggul berbeda dengan kelas regulernya, untuk kelas unggul memiliki jam tambahan 6 jam pelajaran. Dan untuk sarana dan prasarananya sudah terpenuhi dengan baik sehingga dalam pelaksanaannya sesuai dengan apa yang sudah iii direncanakan sebelumnya. 4) Evaluasi program kelas unggul sudah cukup baik dalam bentuk pelaporan pertanggung jawaban program baik itu kekurangan, kelebihan atau kendala dari rencana program�program yang dilaksanakan. Selain itu juga, terdapat evaluasi hasil pembelajaran peserta didik dengan uji kompetensi yang penilaiannya berdasarkan portofolio, performance dan penilaian test. Kata kunci: Manajemen, Program Kelas Unggul, Daya Saing iv ABSTRACT This reserch discusses the “Management of Superior Class Programs to Improve Competitiveness at MAN 1 Bandar Lampung”. The research is motivated by the increasing competition among madrasahs to attract public interest through various innovations. One such innovation is the implementation of superior class programs that offer various program options to prospective students based on their abilities and talents. This study falls into field research using a qualitative descriptive approach. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The aim of this research is to understand the planning, organization, implementation, and evaluation of the superior class program at MAN 1 Bandar Lampung. Based on the research conducted by the researcher, the results obtained are as follows: 1) The planning of the superior class program is quite good in terms of systematic, directed, clear, and realistic program planning. The plans carried out include human resources, facilities and infrastructure, learning materials, curriculum, teaching staff and also costs or budget. So that the implementation of the program is in accordance with the vision and mission of MAN 1 Bandar Lampung. 2) The management of the superior class is sufficiently effective in establishing the structure of its management, which explains the duties and authorities of each, thus aligning with the vision and mission of MAN 1 Bandar Lampung. The Superior class management team consists of the chairman, secretary and all superior class teachers. Meanwhile, the teaching staff are selected first and teach according t their field. 3) The implementation of the superior class program is quite good in the learning process carried out, where the superior class learning is different from the regular class, for the superior class there are 6 additional hours of lessons. And the facities and infrastructure have been fulfilled property so that the implementation is in accordance with what was previously v planned. 4) Evaluation of the superior class program is quite good in the form of program accountability reporting regarding deficiencies, advantages of obstacles in the planned programs being implemented. Apart from that, there is also an evaluation of student learning outcomes with a competency test whose assessment is based on portfolio, performance and test assessment. Keywords: Management, Superior Class Program, Competitive

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:32
Last Modified: 15 Feb 2024 09:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32343

Actions (login required)

View Item View Item