EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMAN 4 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

Rani, Suretanaya (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMAN 4 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI RANI 1-3.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RANI 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan penerapan teknik modeling di SMAN 4 Kotabumi lampung utara. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian psikologi dengan penerapan teknik modeling dalam kegiatan bimbingan kelompok guna mendapatkan, mengetahui, dan menemukan cara memecahkan masalah yang dimiliki oleh peserta didik dalam perkembangan keterampilan sosial mereka. Penelitian ini melibatkan peserta didik yang awalnya merasa bingung namun semangat mereka meningkat setelah memahami tujuan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, pengamatan, dokumentasi dan pengisian kuisioner. Metode penelitian mencakup analisis data serta perhitungan rata-rata skor interaksi sosial peserta didik sebelum dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Data sekunder yang diperoleh merupakan informasi yang dikumpulkan melalui dokumentasi ataupun pelaksanaan pengisian lembar kuisioner atau lembar observasi. Semua data yang didapat merupakan bahan-bahan valid yang digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian sesuai dengan fakta yang terjadi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peserta didik yang mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik modeling mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan sosial. Rata-rata skor interaksi sosial peserta didik juga meningkat secara positif setelah mengikuti layanan ini. Selain itu, hasil uji t dengan menggunakan program SPSS versi 16 menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Modeling, Interaksi Sosial, Keterampilan Sosial xi ABSTRACT This research aims to explain how effective the use of group guidance services is by applying modeling techniques at SMAN 4 Kotabumi, North Lampung. The research carried out is psychological research with the application of modeling techniques in group guidance activities in order to obtain, know and find ways to solve problems faced by students in the development of their social skills. This research involved students who initially felt confused but their enthusiasm increased after understanding the purpose of group guidance. This research uses data collection techniques of observation, observation, documentation and filling out questionnaires. The research method includes data analysis and calculating the average social interaction score of students before and after participating in group guidance services. Secondary data obtained is information collected through documentation or filling out questionnaires or observation sheets. All data obtained is valid material used to explain research results in accordance with the facts that occurred. The results of data analysis show that students who took part in group guidance using modeling techniques experienced significant improvements in social skills. The average social interaction score of students also increased positively after participating in this service. Apart from that, the results of the t test using the SPSS version 16 program showed a higher increase in the experimental group compared to the control group. Abstract : Group Guidance, Modeling, Social Interaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:18
Last Modified: 15 Feb 2024 09:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32341

Actions (login required)

View Item View Item