EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS NURUL HIDAYAH REBANG TANGKAS WAY KANAN

LAILATUL, MUKAROMAH (2024) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS NURUL HIDAYAH REBANG TANGKAS WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LAILATUL MUKAROMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak guru mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat partisipasinya dan kurang mendapatkan pengalaman yang bermakna. Selain dominasi guru, kurang variatifnya penyajian materi merupakan penyebab utama yang mengakibatkan siswa merasa jenuh dan tidak bersemangat dalam belajar sehingga siswa merasa kesulitan dalam mengerti, memahami dan menghafal konsep-konsep. Dengan pemahaman konsep yang cukup maka siswa akan mudah mengungkapkan pengalamannya tentang kegiatan�kegiatan sosial melalui sebuah cerita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Metode yang digunakan dalam penetian ini adalah quasy eksperimen dengan menggunakan pretest dan posttest menggunakan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII Mts Nurul Hidayah Rebang Tangkas Way Kanan, untuk sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII A (Kelas kontrol) dan kelas VIII B (Kelas eksperimen) dengan tekhnik pengambilan sampel secara acak. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat efektivitas metode pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Mts Nurul Hidayah Rebang Tangkas Way Kanan. Kata Kunci: Metode Role Playing, peningkatan pemahaman, guru, dan peserta didik. iii ABSTRACT Many teachers dominate learning activities so that students are less involved in participation and lack meaningful experiences. In addition to teacher dominance, the lack of variety in the presentation of material is the main cause that causes students to feel bored and not excited about learning so that students find it difficult to understand, understand and memorize concepts. With sufficient concept understanding, students will easily express their experiences about social activities through a story. This research uses experimental quantitative methods. The method used in this research is quasy experiment by using pretest and posttest using control group. The population in this study were all students of class VIII Mts Nurul Hidayah Rebang Tangkas Way Kanan, for the sample used as many as 2 classes, namely class VIII A (control class) and class VIII B (experimental class) with random sampling technique. The prerequisite tests used in this study are normality test and homogeneity test. Based on the results of research and discussion, it is concluded that there is an effectiveness of the Role Playing learning method in improving students' understanding of Aqidah Akhlak subjects at Mts Nurul Hidayah Rebang Tangkas Way Kanan. Keywords: Role Playing Method, increasing understanding, teachers, and students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:13
Last Modified: 15 Feb 2024 09:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32340

Actions (login required)

View Item View Item