PERAN STRATEGI PEMASARANDALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konveksi Baraya Gedong Air Bandar Lampung)

Tamanggung, Balada (2018) PERAN STRATEGI PEMASARANDALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konveksi Baraya Gedong Air Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_B.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan cara yang akan ditempuh oleh perusahaan untuk mencapai kinerjanya dengan memusatkan perhatian pada konsumen, pesaing dan tujuan perusahaan.Strategi pemasaran terdiri dari unsur-unsur pemasaran yang terpadu 4P dari bauran pemasaran yaitu product, price, promotion, dan place yang selalu berkembang sejalan dengan gerak perusahaan dan perubahan-perubahan lingkungan pemasarannya serta perubahan perilaku konsumen. Dalam keberhasilan suatu produk akan bermuara pada kinerja pemasarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada konveksi baraya?, Bagaimana peran strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada konveksi baraya menurut perspektif ekonomi islam?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada konveksi baraya, untuk mengetahui peran strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada konveksi baraya menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research), data–data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui editing dan sistematisasi data. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berpikir deduktif, sehingga didapat kesimpulan yang bersifat khusus Berdasarkan hasil penelitian, startegi pemasaran yang dilakukan oleh konveksi Baraya dalam meningkatkan kinerja pemasarannya secara keseluruhan cukup meningkat dilihat dari hasil total penjualan konveksi Baraya yang meningkat penjualannya pada periode penjualan pada tahun 2014 sampai dengan 2016 yakni dari perode tahun 2014 Rp.394.005.000 yang mengalami peningkatan pada tahun 2015 dan 2016 sebesar Rp.405.329.000 dan Rp.417.068.000. Kemudian pada pertumbuhan penjualannya mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari persentasenya pada tahun 2015 mencapai 2.87 % sedangkan perkembangan penjualan pada tahun 2016 mengalami peningkatan persentase sebesar 2.89 %. Dan pada pertumbuhan pelanggannya dapat dijelaskan bahwa selama tahun 2014 hingga tahun 2016 jumlah pelanggan secara keseluruhan mengalami peningkatan adapun yang membeli produk konveksi baraya menunjukan peningkatan yang signifikan, jumlah pelanggan tahun 2014 yakni sebanyak 68, kemudian mengalami peningkatan di tahun 2015 menjadi 77 pelanggan dan pada tahun 2016 juga mengalami peningkatan disbanding tahun 2014 dan 2015 yakni menjadi 81 pelanggan. Namun apabila di lihat dari jumlah per bulan, jumlah pelanggan mengalami fluktuasi yang sangat varian. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:32
Last Modified: 22 Feb 2018 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3234

Actions (login required)

View Item View Item