KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENGATASI BULLYING VERBAL SISWA KELAS VIII DI SMP IT BAITUL JANNAH KEMILING BANDAR LAMPUNG

SUSAN, JELITA (2024) KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENGATASI BULLYING VERBAL SISWA KELAS VIII DI SMP IT BAITUL JANNAH KEMILING BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI SUSAN JELITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Bullying adalah suatu keinginan untuk menyakiti orang lain dengan sengaja agar orang lain menderita. Keinginan ini ditampilkan dala bentuk fisik, verbal, dan sosial. Tindakan ini dilakukan oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat secara fisik dan mental kepada seseorang atau kelompok lain yang lebih lemah secara fisik dan mental dengan cara berulang, disengaja, dan tidak bertanggung jawab serta dilakukan dengan perasaan senang. Maka dari itu Guru BK SMP IT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung melakukan upaya untuk mengurangi terjadinya Bullying di sekolah ini dengan melakukan Proses Konseling Individu Dengan Pendekatan Behavioristik Dalam Mengatasi Bullying Verbal. Untuk itu peneliti akan meneliti tentang bagaimana proses Konseling Individu Dengan Pendekatan Behavioristik Dalam Mengatasi Bullying Verbal Pada Siswa di SMP IT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yaitu Deskriftif Kualitatif. Jumlah seluruh siswa kelas VIII di SMP IT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung sebanyak 92 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari jumlah 92 siswa terdapat 6 orang siswa yang sesuai dengan Kriteria. Maka yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah 8 orang. Terdiri dari 6 siswa pelaku Bullying Verbal, 1 Guru Bk, dan 1 Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu, Reducation (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan conclusion drawing/verification (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Guru BK telah dilakukan dengan tahapan Konseling Individu Pendekatan Behavioristik dengan Teknik Aversion Therapy yaitu : Pertama, Tahap Assesment yaitu mencakup tahap pendekatan yang dilakukan guru Bk dengan siswanya, dengan tujuan untuk mempermudah guru Bk dalam menangani masalah yang dialami siswa. Kedua, Tahap Menentukan Tujuan, yaitu menentukan tujuan iii apa yang akan dicapai dengan adanya proses konseling Individu ini, pada tahap ini guru Bk mulai mencari kebenaran dan memastikan permasalahan yang terjadi. Ketiga, Tahap Menerapkan Teknik, pada tahap ini merupakan tahap inti dalam konseling individu pembimbing mulai memberikan pembinaan yang dilakukan oleh siswa, pada tahap ini juga menentukan apakah berhasil atau tidaknya proses konseling yang dilakukan Guru BK. Keempat, Follow Up yaitu tahap evaluasi tahap akhir dalam konseling, Guru BK melakukan evaluasi kegiatan konseling dari awal hingga berakhirnya konseling itu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa SMP IT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung memiliki perubahan yang terjadi dalam keseharian mereka baik itu pola fikir, ucapan, dan tindakan yang mereka lakukan mereka sudah mulai tidak mengejek teman dengan nama-nama julukan, atau nama orang tua setelah melakukan Konseling Individu dengan Pendekatan Behavioristik. Kata Kunci : Konseling Individu Pendekatan Behavioristik, Bullying Verbal. iv ABSTRACT Bullying is a desire to intentionally hurt others in order for others to suffer. This desire is displayed in physical, verbal, and social forms. This act is performed by a person or group that is physically and mentally stronger to another person or group that is physically and mentally weaker in a repetitive, deliberate, and irresponsible manner and is done with a feeling of pleasure. Therefore, the teacher of BK SMP IT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung made efforts to reduce the occurrence of bullying in this school by conducting an individual counseling process with a behavioristic approach in overcoming verbal bullying. For this reason, researchers will examine how the process of Individual Counseling with a Behavioristic Approach in Overcoming Verbal Bullying in Students at SMP IT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung. This type of research is Qualitative Descriptive. The total number of grade VIII students at SMP IT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung was 92 students using the Purposive Sampling technique. Of the total 92 students, there were 6 students who fit the criteria. So the primary source of data in this study is 8 people. It consists of 6 students who perpetrate Verbal Bullying, 1 Bk Teacher, and 1 Principal. The data collection techniques used are Observation, Interview, and Documentation. Data analysis techniques in this study use several steps, namely, Reducation (Data Reduction), Data Display (Data Presentation), and conclusion drawing / verification (Drawing Conclusions). The results of this study show that the efforts made by BK teachers have been carried out with the stages of Behavioristic Approach Individual Counseling with Aversion Therapy Techniques, namely: First, the Assessment Stage includes the stage of approach carried out by Bk teachers with their students, with the aim of making it easier for Bk teachers to deal with problems experienced by students. Second, The Goal Setting stage, which is determining what goals will be achieved with this individual counseling process, at this v stage the Bk teacher begins to seek the truth and ascertain the problems that occur. Third, the Applying Techniques Stage, at this stage is the core stage in individual counseling, the supervisor begins to provide coaching carried out by students, at this stage also determines whether or not the counseling process carried out by BK Teachers is successful. Fourth, Follow Up is the final stage of evaluation in counseling, BK teachers evaluate counseling activities from the beginning to the end of the counseling. Based on the results of the study, it can be concluded that students of SMP IT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung Having changes that occur in their daily lives, be it the patterns of thinking, speech, and actions they do, they have begun not to mock friends with nicknames, or parents' names after doing Individual Counseling with a Behavioristic Approach. Keywords: Individual Counseling, Behavioristic Approach, Verbal Bullying

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:04
Last Modified: 12 Feb 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32339

Actions (login required)

View Item View Item