TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG SISTEM PENGUPAHAN PEKERJA PANEN GETAH DAMAR (Di Pekon Pardasuka Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat)

ADI, HENDRAWAN (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG SISTEM PENGUPAHAN PEKERJA PANEN GETAH DAMAR (Di Pekon Pardasuka Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Upah atau mengupah merupakan bentuk imbalan atas pertolongan jasa antar sesama umat manusia yakni dengan cara memberikan suatu barang seperti uang menurut syarat tertentu. Pengupahan Pekerja Panen Getah Damar di Pekon Pardasuka Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat, mempunyai kebijakan dan aturan dalam pemberian upah kepada karyawannya sehingga besaran upah ditentukan berdasarkan banyaknya dalam memanen getah damar. Jika mendapat 1 Kg getah damar di upah per 1 kg sebesar Rp 1.000,-. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik penetapan upah pekerja panen getah damar dengan sistem per Kg dan jika para pekerja mendapatkan musibah diserang hewan buas atau jatuh dari pohon saat bekerja pemilik pohon damar tidak bertanggung jawab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Dengan sifat penelitian yaitu bersifat Deskriptif. Sumber data primer didapatkan langsung dari tempat Pekon Pardasuka Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan dianalisis dari cara berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada praktik pengupahan pekerja panen getah damar di Pekon Pardasuka Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat, yaitu disesuaikan dengan jumlah banyaknya pekerja memanen getah damar 1 Kg upahnya Rp 1.000,-. Dalam pandangan hukum Islam praktik pengupahan pekerja panen getah damar di pekon Pardasuka Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat belum sesuai dengan hukum Islam, karena praktik pengupahan yang ditetapkan belum mengedepankan prinsip-prinsip keadilan dimana hal ini dapat terlihat jika pekerja mengalami musibah pemilik kebun getah damar tidak bertanggung jawab. Kata Kunci : Sistem Pengupahan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:00
Last Modified: 12 Feb 2024 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32338

Actions (login required)

View Item View Item