TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 40 UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2019 TENTANG PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung)

FARHAN, ALFAIDZ YUSUF (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 40 UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2019 TENTANG PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan pesantren banyak memberikan pengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat khususnya yang ada di Indonesia hal ini berdasarkan sejarah perkembangan pesantren dari mulai masa kolonial hingga sekarang. Banyak dari para pemimpin yang bermunculan di era sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia merupakan bibit-bibit bangsa yang dihasilkan dari pendidikan pesantren. Pondok Pesantren juga sebagai tempat pendidikan dan ajaran agama Islam di sebarkan, Pondok Pesantren yang dianggap sebagai wadah pendidikan tidak diperkenankan melakukan penyimpangan baik dalam pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan. Pesantren sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren memiliki fungsi diantaranya Pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 40 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan yaitu menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi, teknik pengelolaan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data (editing), klasifikasi dan kesimpulan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan proses berfikir induktif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Pasal 40 Undang�Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren di Pondok Jabal An-Nur Al-Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Pasal 40 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren di Pondok Jabal An-Nur Al-Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung. Implementasi Pasal 40 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung sudah terlaksana hal ini dibuktikan dengan adanya metode dan sistem dakwah di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al�Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung dan pelatiham iii Muhadoroh di Pesantren, untuk menyiapkan santri berdakwah di masyarakat. Kementrian Agama Kota Bandar Lampung juga turut andil dalam penyebaran dakwah di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami dengan melakukan ikrar atau janji terhadap Pondok Pesantren agar cinta tanah air sehingga penyimpangan-penyimpangan dakwah tidak terjadi. Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Pasal 40 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung sudah sesuai dengan Siyasah Tanfidziyyah karena pihak Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung sudah menjalankan amanah pada Pasal 40 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren. Kata kunci: Santri, Fiqh Siyasah, Dakwah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:51
Last Modified: 12 Feb 2024 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32336

Actions (login required)

View Item View Item