PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT (BAITUL MAL WA TAMWIL) ARTA BUANA METRO

Bagas, Habibulloh (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT (BAITUL MAL WA TAMWIL) ARTA BUANA METRO. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAGUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas pelayanan tercermin dari kepuasan nasabah untuk menabung di BMT (Baitul Maal Wa Tamwil). Nasabah akan merasa puas jika baik atau tidaknya pelayanan yang diberikan. Kualitas pelayanan sangat penting dalam mempertahankan nasabah dalam waktu yang lama. Dalam memaksimalkan performa keuangan BMT (Baitul Maal Wa Tamwil), BMT harus memiliki layanan yang baik dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan perhatian) secara simultan terhadap kepuasaan nasabah di BMT Arta Buana Metro. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT Arta Buana Metro dengan rata-rata sebanyak 125 nasabah per bulan yang berkunjung ke BMT Arta Buana Metro. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, untuk menentukan ukuran sampel dalam suatu populasi dapat ditentukan dengan teknik Issac dan Micheal, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan uji hipotesis dalam penelitian ini mengggunakan regresi sederhana. Hasil dalam penelitian ini didapatkan bahwa pengujian secara simultan (bersama-sama) menunjukkan variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan Fhitung 20,51 > Ftabel 2,49. Hal ini juga didukung dengan hasil pengujian koefisien determinasi (R) dimana diketahui adjust R2 yaitu sebesar 0,71 hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel dependen Y adalah sebesar 71%. Sedangkan 29% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Hasil analisis pada uji t menunjukkan nilai thitung (8,87) > nilai ttabel (2,03), artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel Kualitas Pelayanan (X) yaitu indikator (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan perhatian) secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah.ABSTRACT Service quality is reflected in customer satisfaction in saving at BMT (Baitul Maal Wa Tamwil). Customers will feel satisfied if the service provided is good or not. Service quality is very important in retaining customers for a long time. In maximizing the financial performance of BMT (Baitul Maal Wa Tamwil), BMT must have good and quality services. This study aims to determine the effect of service quality variables (physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and attention) simultaneously on customer satisfaction at BMT Arta Buana Metro. The population used in this study were all BMT Arta Buana Metro customers with an average of 125 customers per month visiting BMT Arta Buana Metro. The sampling technique used is random sampling technique, to determine the sample size in a population can be determined by the Issac and Micheal technique, so the sample used in this study is 40 customers. Data collection techniques used questionnaires and hypothesis testing in this study using simple regression. The results in this study found that simultaneous (together) testing showed that the service quality variable had a significant influence on customer satisfaction as evidenced by Fcount 20.51 > Ftable 2.49. This is also supported by the results of testing the coefficient of determination (R) where it is known that adjusted R2 is equal to 0.71. This indicates that the effect of the independent variables simultaneously (together) on the dependent variable Y is 71%. Meanwhile, 29% was influenced by other factors not examined in the study. The results of the analysis on the t test show the value of tcount (8.87) > ttable value (2.03), meaning that there is a positive and significant influence on the variable Quality of Service (X) namely indicators (physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and attention ) partially to Customer Satisfaction (Y). Keyword: Service Quality, Customer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:12
Last Modified: 07 Feb 2024 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32333

Actions (login required)

View Item View Item