PENGARUH KEPEMIMPINAN, RELIGIUSITAS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KINERJA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Anggota KSPPS BMT Al Hikmah Bandar Lampung)

Evitta, Neviana (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN, RELIGIUSITAS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KINERJA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Anggota KSPPS BMT Al Hikmah Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EVITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seorang pimpinan mampu mendorong tinggi atau rendahnya semangat kerja karyawan sehingga akan memengaruhi kinerja karyawan. Masalah kinerja ini sangat penting bagi instansi guna meningkatkan produktifitas, mengingat persaingan di era globalisasi yang makin ketat. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat ini, suatu instansi berusaha meningkatkan produktifitas dan kualitas produk. Kinerja yang wajib dioptimalkan oleh perindividu karyawan salah satunya bergantung kepada nilai pengetahuan keagamaan dan keyakinan karyawan itu sendiri, dimana tanggungjawab ataupun dasar-dasar perilaku manusia berdasarkan kepada edukasi keagamaan yang dimilikinya saat kecil, remaja, dan praremaja. Di dalam perusahaan harus mampu bersaing dan berkompetisi menaikan kualitas dan kuantitas yang dimiliki. Dimana perusahaan harus meningkatkan dan mengembangkan kinerja para karyawannya. Supaya dapat bertahan di era sekarang. Salah satu faktor yang berkaitan dengan kinerja ini adalah brand image. Brand image yang baik merupakan salah satu aset perusahaan. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan, religiusitas, dan brand image terhadap kinerja KSPPS. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah 150 Anggota yang menerima SHU di KSPPS BMT Al Hikmah Bandar Lampung. Dan sampel yang digunakan adalah 60 Anggota yang menerima SHU. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan simple random. Data yang digunakan adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa kepemimpinan, religiusitas, dan brand image berpengaruh signifikan terhadap kinerja KSPPS., sedangkan berdasarkan simultan menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, religiusitas dan brand image berpengaruh terhadap kinerja KSPPS. Dalam perspektif Islam, kepemimpinan, religiusitas, dan brand image terhadap kinerja KSPPS BMT Al Hikmah Bandar Lampung sudah dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Kata Kunci: Kepemimpinan, Religiusitas, Brand Image, Kinerja, KSPPS.ABSTRACT A leader is able to encourage high or low employee morale so that it will affect employee performance. This performance issue is very important for agencies to increase productivity, considering that competition in the era of globalization is increasingly tight. In facing increasingly fierce competition, an agency is trying to increase productivity and product quality. The performance that must be optimized by individual employees depends on the value of the employee's own religious knowledge and beliefs, where the responsibilities or basics of human behavior are based on the religious education they had as a child, teenager and pre-teen. The company must be able to compete and compete to increase the quality and quantity it has. Where companies must improve and develop the performance of their employees. So that it can survive in the current era. One of the factors related to this performance is brand image. A good brand image is one of the company's assets. Therefore, the research aims to examine the influence of leadership, religiosity, and brand image on KSPPS performance. This research method is quantitative research with an associative approach. The population in this study was 150 members receiving SHU KSPPS BMT Al Hikmah Bandar Lampung. And the sample used was 60 members receiving SHU. The sampling technique used was probability sampling with simple random. The data used is primary data. The data analysis method used is multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 26 program. Partial research results show that leadership, religiosity and brand image have a significant effect on KSPPS performance, while based on simultaneous results it shows that leadership, religiosity and brand image variables have an effect on KSPPS performance. From an Islamic perspective, leadership, religiosity and brand image regarding the performance of KSPPS BMT Al Hikmah Bandar Lampung have been carried out in accordance with Islamic principles. Keywords: Leadership, Religiosity, Brand Image, Performance, KSPPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:05
Last Modified: 07 Feb 2024 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32322

Actions (login required)

View Item View Item