PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PENGEMBANGAN LIFE SKILL DI PONDOK PESANTREN MODERN TERPADU DAAR EL FIKRI KABUPATEN MESUJI

Adam, Hafidz Al Fajar (2024) PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PENGEMBANGAN LIFE SKILL DI PONDOK PESANTREN MODERN TERPADU DAAR EL FIKRI KABUPATEN MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2&DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren merupakan suatu tempat pendidikan yang menampung kegiatan belajar mengajar dan aktifitas lain yang berkaitan dengan kiai sebagai pimpinan pondok pesantren, guru atau ustadz yang mengajar, dan santri sebagai murid yang didalamnya mempunyai fasilitas pendidikan terpadu dan sarana penunjang yang terpadu dalam satu kompleks yang memudahkan pengawasan dan pengelolaan. Masalah yang peneliti temukan pada santri pondok pesantren modern terpadu Daar El Fikri salah satunya adalah santri mempunyai kemampuan life skill yang kurang maksimal bahkan beberapa santri tidak memiliki potensi keberdayaan atau keterampilan . Penelitian ini merujuk pada bagaimana proses pemberdayaan santri yang dilakukan oleh pondok pesantren modern terpadu Daar El Fikri serta bagaimana keberlanjutan program pemberdayaan di pondok pesantren modern terpadu Daar El- Fikri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pemberdayaan pondok pesantren modern terpadu Daar El Fikri dalam mengembangkan life skill santri. Untuk mengetahui kondisi keberlanjutan pengembangan life skill santri melalui program pemberdayaan di pondok pesantren modern terpadu Daar El Fikri. Pada Penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat 2 sumber data yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Pada sumber data primer, peneliti menggunakan teknik purposive sampling yang mana peneliti mengkatagorikan sumber dengan kriteria tertentu. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah santri, ketua fasiitator, pelatih fasilitator dan Khodimul Ma’had. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren membuat sebuah program pemberdayaan santri melalui pengembangan life skill ke dalam program ekstrakulikuler muhadhoroh, dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan public speaking santri pondok pesantren modern terpadu Daar El-FIkri. Kata Kunci : Life Skill, Pemberdayaan, Pondok Pesantren, iv ABSTRACT Islamic boarding school is an educational place that accommodates teaching and learning activities and other activities related to the kiai as the leader of the Islamic boarding school, the teacher or ustadz who teaches, and the santri as students which has integrated educational facilities and supporting facilities that are integrated in one complex which makes supervision easier. and management. One of the problems that researchers found among the students at the Daar El Fikri integrated modern Islamic boarding school was that the students had less than optimal life skills and some students did not even have the potential for empowerment or skills. This research refers to how the process of empowering students is carried out by the Daar El-Fikri integrated modern Islamic boarding school and how sustainable the empowerment program is at the Daar El-Fikri integrated modern Islamic boarding school. The aim of this research is to determine the empowerment of the Daar El Fikri integrated modern Islamic boarding school in developing the life skills of students. To find out the conditions for the sustainability of students' life skills development through the empowerment program at the Daar El Fikri integrated modern Islamic boarding school. In this research the author used qualitative methods, using data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. In this research there are 2 data sources, namely primary data sources and secondary data sources. In primary data sources, researchers use purposive sampling techniques where researchers categorize sources using certain criteria. The primary data sources are students, head facilitator, facilitator trainer and Khodimul Ma'had. The results of this research show that the Islamic boarding school created a student empowerment program through developing life skills into the muhadhoroh extracurricular program, which can make a positive contribution to the development of public speaking for students at the Daar El-FIkri integrated modern Islamic boarding school. Keywords: Life Skills, Empowerment, Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:43
Last Modified: 06 Feb 2024 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32309

Actions (login required)

View Item View Item