BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU ADAPTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA DI PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS (PKLK) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG

REA, ADVENIA ZALNA (2024) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU ADAPTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA DI PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS (PKLK) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki gangguan pada intelektualnya sehingga mengalami hambatan dalam kecerdasan dan adaptasi sosialnya, akan tetapi mereka mempu untuk berkembang dalam akademik, bekerja, dan melakukan penyesuaian sosial. Kesulitan berperilaku adaptif yang menjadi salah satu permasalahan yang dialami anak tungarhita, perilaku adaptif yang sulit dilakukan anak tunagrahita salah satunya yaitu kemampuan sosial dan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan dan masyarakat secara positif sehingga perlu diberikan bimbingan yang tepat agar mampu mengembangkan perilaku adaptif pada anak tunagrahita salah satunya dengan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengembangkan perilaku adaptif pada anak tunagrahita di Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Growing Hope Bandar Lampung. Dilihat dari jenisnya, maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Purposive Sampling dari 29 anak tunagrahita untuk menentukan sumber data primer dan sumber data primer yang sesuai dengan kriteria adalah 4 anak tunagrahita ringan, 2 guru pembimbing atau psikolog yang membimbing serta mengarahkan anak selama proses bimbingan. Adapun prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian proses pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing melalui beberapa tahapan. Pertama adanya perencanaan sebelum dimulainya bimbingan. Kedua proses pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing dengan melalui empat tahap, yaitu tahap awal atau pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan atau berlangsungnya kegiatan role playing, dan tahap penutup atau pengakhiran. Setelah melakukan tahap pengakhiran, akan dilanjutkan dengan evaluasi untuk iii mengetahui perlu adanya remedial atau naik ke level berikutnya. Jadi, setelah melalui proses bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengembangkan perilaku adaptif pada anak tunagrahita, anak tunagrahita sudah mampu berperlikau adaptif seperti mampu merespon orang lain, lebih peduli dengan lingkungan sekitar, mudah beradaptasi dan tidak mudah cemas dengan lingkungan baru, lebih percaya diri, lebih mudah berinteraksi, mampu mengekspresikan perasaannya, dapat menahan emosionalnya serta dapat mengatasi konflik melalui cara yang baik, dan bisa diajak bekerja sama. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Perilaku Adaptif iv ABSTRACT Mentally retarded children are children who have intellectual disorders so that they experience obstacles in their intelligence and social adaptation, but they are able to develop academically, work and make social adjustments. Difficulty in adaptive behavior is one of the problems experienced by mentally retarded children. One of the adaptive behaviors that are difficult for mentally retarded children to do is social skills and difficulty in adapting to the environment and society in a positive way so that appropriate guidance needs to be given to be able to develop adaptive behavior in mentally retarded children. the other is with group guidance using role playing techniques. The aim of this research is to find out how the group guidance process uses role playing techniques to develop adaptive behavior in mentally retarded children in Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Growing Hope Bandar Lampung. Judging from the type, so this research includes field research which is descriptive qualitative in nature. The data sources used are primary sources and secondary sources. In this study the author used purposive sampling from 29 children with mild mental retardation to determine the primary data source and the primary data source that met the criteria was 4 children with mild mental retardation, 2 supervising teachers or psychologists who guide and direct the child during the guidance process. The data collection procedures in this research used interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Results of research on the process of implementing group guidance using role playing techniques through several stages. Firstly, there is planning before the guidance begins. The second process of implementing group guidance using role playing techniques goes through four stages, namely the initial or formation stage, the transition stage, the activity stage or ongoing role playing activities, and the closing or ending stage. After carrying out the final stage, an evaluation will continue to determine whether there is a need for remediation or to move to the next level. So, after going through a group guidance process using role playing techniques to v develop adaptive behavior in mentally retarded children, mentally retarded children are able to behave adaptively, such as being able to respond to other people, being more concerned with the surrounding environment, adapting easily and not easily anxious about new environments, being more confident, are easier to interact with, are able to express their feelings, can control their emotions and can resolve conflicts in a good way, and can be invited to work together. Keywords: Group Guidance, Role Playing Techniques, Adaptive Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:37
Last Modified: 06 Feb 2024 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32308

Actions (login required)

View Item View Item