IMPLEMENTASI NILAI BUDAYA KERJA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SIDOMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA PEGAWAI

NURUL, AZIZAH (2024) IMPLEMENTASI NILAI BUDAYA KERJA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SIDOMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA PEGAWAI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURUL AZIZAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Budaya kerja adalah cara kerja sehari-hari yang bermutu dan selalu mendasari nilai-nilai yang penuh sehingga menjadi motivasi, memberi inspirasi untuk senantiasa bekerja lebih baik, dan memuaskan bagi masyarakat yang dilayani. Kinerja adalah hasil kerja yang di capai oleh profesi tertentu dalam rentang waktu tertentu. Jika budaya kerja semakin baik, maka kinerja pegawai semakin tinggi. KUA Kecamatan Sidomulyo telah menerapkan 5 budaya kerja yang juga merupakan budaya kerja yang di adopsi dari budaya kerja kementerian agama. Berdasarkan penelitian budaya kerja dan kinerja di terapkan di KUA Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan dapat di katakan sudah baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif ini bermaksud menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tindakan dari subjek yang diamati, baik secara tertulis maupun tidak tertulis.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, penelitian lapangan (field research) seperti,wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama mampu meningkatkan kinerja pegawai Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidomulyo, berupa integritas yaitu mengutamakan tugas yang diberikan, melaksanakan tugas dengan baik dan taat terhadap aturan, profesional ditunjukkan dengan penyelesaian tugas dengan baik dan rapi, melakukan pekerjaan berdasarkan tupoksinya dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target dan tepat waktu, inovasi ditunjukkan dengan memanfaatkan teknologi dalam setiap pekerjaan, tanggungjawab ditunjukkan dengan menyelesaikan tugas tepat waktu dan dilaporkan secara berkala dan keteladanan ditunjukkan dengan memberikan contoh yang baik sebagaimana yang ada di dalam lima nilai budaya kerja Kementerian Agama serta kinerja pegawai dapat dilihat dari kualitas pekerjaan yaitu menyelesaikan tugas dengan baik dan rapi serta tepat waktu, mampu memanfaatkan sumber daya yang ada dalam memudahkan pekerjaannya serta pegawai mampu bekerja sama dengan baik. Kata Kunci: Implementasi, Nilai Budaya, Kinerja Pegawai iii ABSTRACT Work culture is a way of working every day that is of quality and always based on full values so that it becomes motivation, provides inspiration to always work better, and is satisfying for the people served. Performance is the result of work achieved by a certain profession within a certain time period. If the work culture gets better, employee performance will be higher. The Sidomulyo District KUA has implemented 5 work cultures which are also work cultures adopted from the work culture of the Ministry of Religion. Based on research, the work culture and performance implemented in the KUA of Sidomulyo District, South Lampung, can be said to be good. This research uses a descriptive qualitative approach. This qualitative approach aims to produce descriptive data in the form of utterances or actions from the subjects observed, both written and unwritten. The data collection techniques used are field research such as interviews, observation and documentation, as for the data analysis techniques used. in this research are data collection, data reduction, data presentation as well as conclusions and verification. The results of this research show that the application of the five work culture values of the Ministry of Religion is able to improve the performance of employees of the Sidomulyo District Religious Affairs Office, in the form of integrity, namely prioritizing the tasks assigned, carrying out tasks well and obeying the rules, professionalism shown by completing tasks well and neatly, carrying out work is based on its main tasks and functions and completes work according to targets and on time, innovation is shown by utilizing technology in every job, responsibility is shown by completing tasks on time and reported regularly and exemplary is shown by setting a good example as contained in the five work culture values The Ministry of Religion and employee performance can be seen from the quality of work, namely completing tasks well, neatly and on time, being able to utilize existing resources to make their work easier and employees being able to work together well. Keywords: Implementation, Cultural Values, Employee Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:04
Last Modified: 06 Feb 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32301

Actions (login required)

View Item View Item