TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP PENUNDAAN P E M B A G I A N H A R T A W A R I S A N (Studi di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar K a b u p a t e n T u l a n g B a w a n g B a r a t )

AGUSTIA, ARAHMAH (2024) TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP PENUNDAAN P E M B A G I A N H A R T A W A R I S A N (Studi di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar K a b u p a t e n T u l a n g B a w a n g B a r a t ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AGUSTIA ARAHMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Diantara aturan yang mengatur hubungan sesama manusia yang ditetapkan oleh Allah adalah aturan tentang harta warisan. Setelah harta waris dikeluarkan untuk pengurusan jenazah, membayar hutang dan untuk wasiat, maka secara otomatis peralihan harta dari pewaris ke ahli waris berlaku sendirinya menurut kehendak Allah tanpa digantungkan oleh kehendak pewaris maupun ahli waris. Pembagian ini hukumnya wajib dilakukan menurut al-Qur‟an dan Hadits. Namun, beberapa masyarakat di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat melakukan penundaan pembagian harta warisan dengan alasan dan tujuan yang berbeda. Beberapa masyarakat mendapatkan dampak negatif dari penundaan pembagian harta waris dan ada juga yang mendapatkan dampak positif. Dari uraian diatas, maka rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Apa faktor terjadinya penundaan pembagian harta warisan kepada ahli waris di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajajar Kabupaten Tulang Bawang Barat? dan (2) Bagaimana tinjauan maslahah terhadap penundaan pembagian harta warisan di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor terjadinya penundaan pembagian harta warisan kepada ahli waris di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat dan mengetahui tinjauan maslahah terhadap penundaan pembagian harta warisan di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggali data yang bersumber dari lapangan (field research) bersifat deskriptif dan berfikir secara induktif. Sumber data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara untuk menggali informasi dari masyarakat dan dokumentasi yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya penundaan pembagian harta warisan di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat karena iv beberapa faktor yaitu kebiasaan turun temurun dalam keluarga pembagian harta waris setelah pewaris meninggal 100 hari, kurangnya komunikasi antar ahli waris mengenai harta warisan, salah satu orang tua masih hidup, harta warisan dikelola bersama sampai seluruh ahli waris selesai pendidikan, menunggu seluruh ahli waris menikah dan ahli waris sibuk sehingga belum sempat mengurus harta warisan. Tinjauan maslahah terhadap penundaan pembagian harta warisan di Kelurahan Dayamurni adalah tidak menganjurkan untuk menunda pembagian harta warisan karena resiko dapat menimbulkan berbagai kemudaratan. Namun ada beberapa kondisi yang membolehkan dilaksanakannya penundaan pembagian harta warisan yaitu jika ada udzur syar’i, kemaslahatan dalam keluarga dan kerelaan ahli waris. Kata kunci: Maslahah. Penundaan, Waris, Tumijajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:43
Last Modified: 06 Feb 2024 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32300

Actions (login required)

View Item View Item