PENGARUH MEDIA VISUAL ALAT PERAGA MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI ISMARIA AL QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Yuliana, Dewi (2017) PENGARUH MEDIA VISUAL ALAT PERAGA MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI ISMARIA AL QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang biasa digunakan hingga saat ini adalah pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar, hal ini dikarenakan guru dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung monoton membuat siswa bosan dan kurang bersemangat. Oleh karena itu dibutuhkan alternatif untuk meningkatkan minat belajar yaitu dalam proses pembelajaran menggunakan Alat peraga untuk meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas IV MI Ismaria Alqur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimen Desain (desain eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Ismaria Al Qur’anniyah. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen IV A dan kelas kontrol IV B. Kelas eksperimen menggunakan media alat peraga dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas dengan materi satuan panjang dan satuan waktu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket minat belajar matematika. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa media alat peraga matematika berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,838, dengan populasi sebanyak 65 peserta didik dan taraf signifikan α = 0,05 Ftabel = F(0,05, 65) = 1,99834, terlihat bahwa thitung > ttabel . dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Kata kunci: Media Alat Peraga Matematika, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:21
Last Modified: 09 Mar 2017 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item View Item