KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD ISLAM AL AZHAR CAIRO PAGAR ALAM

Azza, Katren (2024) KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD ISLAM AL AZHAR CAIRO PAGAR ALAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dilakukannya peneitian ini oleh penulis dikarenakannya kebijakan sekolah terkait penggunaan gadget sebagai media pembelajaran belum sepenuhnya dikaji dan diterapkan secara konsisten di berbagai sekolah. Sedangkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dan memberikan dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Dan penggunaan gadget dan teknologi sebagai media pembelajaran semakin mendominasi, memperkenalkan paradigma baru dalam dunia pendidikan pada era globalisasi, Oleh karena itu pentingnya pendidikan kontemporer yang responsif terhadap perubahan ini, yang menegaskan bahwa perubahan paradigma pendidikan, perubahan kurikulum, serta pemanfaatan media dan teknologi menjadi krusial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan sekolah dalam penggunaan gadget sebagai media pembelajaran di SD Islam Al Azhar Cairo Pagar Alam, mulai dari formulasi kebijakan sampai dengan evaluasi kebijakan dan faktor pendukung dan kendala dalam pengimplementsian kebijakan, serta dampak positif dan negatif penggunaan gadget sebagai media pembelajaran. Penulis dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Islam Al Azhar Cairo Pagar Alam Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan oleh penulis bahwa Kebijakan sekolah dalam penggunaan gadget sebagai media pembelajaran di SD Islam Al Azhar Cairo Pagar Alam sebagai berikut. 1) Kebijakan sekolah dalam penggunaan gadget di SD Islam Al Azhar Cairo sudah berjalan sangat baik dan sudah diberlakukan. Mulai dari perumusan kebijakan Penyusunan agenda, formulasi, legitimasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan yang melalui program IPad Learning yang menjadi program unggulan di sekolah, dan dukungan orang tua saling yang saling berkerja sama dalam penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran utama. 2) Faktor Pendukung dan kendala dalam pengimplementasian kebijakan iv penggunaan gadget di SD Islam Al Azhar Cairo Pagar Alam. Seperti dukungan orangtua yang sekaligus menjadi fasilitator sarana gadget untuk anak, Sarana dan prasarana sekolah yang sudah memadai seperti ketersediaan jaringan Internet, Dan Faktor kesiapan guru dan siswa dalam pembelajaran berbasis teknologi. Meskipun banyak faktor pendukung dalam pengimplementasian kebijakan ini tentu ada kendala yang dihadapi seperti, diperlukannya waktu untuk memahami penggunaan aplikasi baru bagi anak, kendala pada masa transisi dari pembelajaran konvensional ke teknologi yang menjadikan anak kurang fokus. 3) Dampak positif dan negatif penggunaan gadget sebagai media pembelajaran, dampak positif sangat lah banyak seperti menambah pengetahuan dan informasi bagi anak, membantu dalam proses pembelajaran online atau pun offline, dan membantu meningkatkan soft skill yang dimiliki anak. Akan tetapi ada dampak negatif yakni menjadikan anak kecanduan untuk menggunakan gadget, membuat anak kurang fokus dan kekhwatiran orang tua dalam mengasah kemampuan menulis dan membaca buku. Kata Kunci : Kebijakan Sekolah, Gadget, Media Pembelajaran ABSTRACT The author carried out this research because school policies regarding the use of gadgets as learning media have not been fully studied and implemented consistently in various schools. Meanwhile, the development of information and communication technology is increasingly rapid and has a significant impact on various aspects of life, including the world of education. And the use of gadgets and technology as learning media is increasingly dominating, introducing a new paradigm in the world of education in the era of globalization. Therefore, the importance of contemporary education that is responsive to these changes, which emphasizes that changes in educational paradigms, curriculum changes, and the use of media and technology are crucial. This research aims to find out what the school policy is in using gadgets as a learning medium at Al Azhar Islamic Elementary School Cairo Pagar Alam, starting from policy formulation to policy evaluation and supporting factors and obstacles in implementing the policy, as well as the positive and negative impacts of using gadgets as a learning medium. The author in this research used a descriptive type of qualitative research. The research was conducted at Al Azhar Islamic Elementary School, Cairo Pagar Alam Based on the research results, the author can conclude that the school policy in using gadgets as learning media at Al Azhar Cairo Pagar Alam Islamic Elementary School is as follows. 1) The school policy regarding the use of gadgets at Al Azhar Cairo Islamic Elementary School has been working very well and has been implemented. Starting from policy formulation, agenda preparation, formulation, legitimization, implementation and evaluation of policies through the IPad Learning program which is a superior program in schools, and support from parents who work together in using technology as the main learning medium. 2) Supporting factors and obstacles in implementing the gadget use policy at Al Azhar Islamic Elementary School Cairo Pagar Alam. Such as support from parents who are also facilitators of gadget facilities for children, adequate school facilities and infrastructure such as the availability of an vi Internet network, and factors in the readiness of teachers and students in technology-based learning. Even though there are many supporting factors in implementing this policy, of course there are obstacles faced, such as the need for time to understand the use of new applications for children, obstacles during the transition from conventional learning to technology which makes children less focused. 3) The positive and negative impacts of using gadgets as learning media, there are many positive impacts such as increasing knowledge and information for children, helping in the online or offline learning process, and helping to improve children's soft skills. However, there are negative impacts, namely making children addicted to using gadgets, making children less focused and parents worry about honing their writing and reading skills. Keywords: School Policy, Gadgets, Learning MediaABSTRAK Dilakukannya peneitian ini oleh penulis dikarenakannya kebijakan sekolah terkait penggunaan gadget sebagai media pembelajaran belum sepenuhnya dikaji dan diterapkan secara konsisten di berbagai sekolah. Sedangkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dan memberikan dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Dan penggunaan gadget dan teknologi sebagai media pembelajaran semakin mendominasi, memperkenalkan paradigma baru dalam dunia pendidikan pada era globalisasi, Oleh karena itu pentingnya pendidikan kontemporer yang responsif terhadap perubahan ini, yang menegaskan bahwa perubahan paradigma pendidikan, perubahan kurikulum, serta pemanfaatan media dan teknologi menjadi krusial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan sekolah dalam penggunaan gadget sebagai media pembelajaran di SD Islam Al Azhar Cairo Pagar Alam, mulai dari formulasi kebijakan sampai dengan evaluasi kebijakan dan faktor pendukung dan kendala dalam pengimplementsian kebijakan, serta dampak positif dan negatif penggunaan gadget sebagai media pembelajaran. Penulis dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Islam Al Azhar Cairo Pagar Alam Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan oleh penulis bahwa Kebijakan sekolah dalam penggunaan gadget sebagai media pembelajaran di SD Islam Al Azhar Cairo Pagar Alam sebagai berikut. 1) Kebijakan sekolah dalam penggunaan gadget di SD Islam Al Azhar Cairo sudah berjalan sangat baik dan sudah diberlakukan. Mulai dari perumusan kebijakan Penyusunan agenda, formulasi, legitimasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan yang melalui program IPad Learning yang menjadi program unggulan di sekolah, dan dukungan orang tua saling yang saling berkerja sama dalam penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran utama. 2) Faktor Pendukung dan kendala dalam pengimplementasian kebijakan iv penggunaan gadget di SD Islam Al Azhar Cairo Pagar Alam. Seperti dukungan orangtua yang sekaligus menjadi fasilitator sarana gadget untuk anak, Sarana dan prasarana sekolah yang sudah memadai seperti ketersediaan jaringan Internet, Dan Faktor kesiapan guru dan siswa dalam pembelajaran berbasis teknologi. Meskipun banyak faktor pendukung dalam pengimplementasian kebijakan ini tentu ada kendala yang dihadapi seperti, diperlukannya waktu untuk memahami penggunaan aplikasi baru bagi anak, kendala pada masa transisi dari pembelajaran konvensional ke teknologi yang menjadikan anak kurang fokus. 3) Dampak positif dan negatif penggunaan gadget sebagai media pembelajaran, dampak positif sangat lah banyak seperti menambah pengetahuan dan informasi bagi anak, membantu dalam proses pembelajaran online atau pun offline, dan membantu meningkatkan soft skill yang dimiliki anak. Akan tetapi ada dampak negatif yakni menjadikan anak kecanduan untuk menggunakan gadget, membuat anak kurang fokus dan kekhwatiran orang tua dalam mengasah kemampuan menulis dan membaca buku. Kata Kunci : Kebijakan Sekolah, Gadget, Media Pembelajaran ABSTRACT The author carried out this research because school policies regarding the use of gadgets as learning media have not been fully studied and implemented consistently in various schools. Meanwhile, the development of information and communication technology is increasingly rapid and has a significant impact on various aspects of life, including the world of education. And the use of gadgets and technology as learning media is increasingly dominating, introducing a new paradigm in the world of education in the era of globalization. Therefore, the importance of contemporary education that is responsive to these changes, which emphasizes that changes in educational paradigms, curriculum changes, and the use of media and technology are crucial. This research aims to find out what the school policy is in using gadgets as a learning medium at Al Azhar Islamic Elementary School Cairo Pagar Alam, starting from policy formulation to policy evaluation and supporting factors and obstacles in implementing the policy, as well as the positive and negative impacts of using gadgets as a learning medium. The author in this research used a descriptive type of qualitative research. The research was conducted at Al Azhar Islamic Elementary School, Cairo Pagar Alam Based on the research results, the author can conclude that the school policy in using gadgets as learning media at Al Azhar Cairo Pagar Alam Islamic Elementary School is as follows. 1) The school policy regarding the use of gadgets at Al Azhar Cairo Islamic Elementary School has been working very well and has been implemented. Starting from policy formulation, agenda preparation, formulation, legitimization, implementation and evaluation of policies through the IPad Learning program which is a superior program in schools, and support from parents who work together in using technology as the main learning medium. 2) Supporting factors and obstacles in implementing the gadget use policy at Al Azhar Islamic Elementary School Cairo Pagar Alam. Such as support from parents who are also facilitators of gadget facilities for children, adequate school facilities and infrastructure such as the availability of an vi Internet network, and factors in the readiness of teachers and students in technology-based learning. Even though there are many supporting factors in implementing this policy, of course there are obstacles faced, such as the need for time to understand the use of new applications for children, obstacles during the transition from conventional learning to technology which makes children less focused. 3) The positive and negative impacts of using gadgets as learning media, there are many positive impacts such as increasing knowledge and information for children, helping in the online or offline learning process, and helping to improve children's soft skills. However, there are negative impacts, namely making children addicted to using gadgets, making children less focused and parents worry about honing their writing and reading skills. Keywords: School Policy, Gadgets, Learning Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:38
Last Modified: 06 Feb 2024 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32299

Actions (login required)

View Item View Item