ANALISIS POLA KONSUMSI MAHASISWA PENDATANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung Tahun 2018)

NELLA, PITRIANA (2024) ANALISIS POLA KONSUMSI MAHASISWA PENDATANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung Tahun 2018). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi NELLA PITRIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Konsumsi merupakan hal utuma dan pokok bagi kehidupan manusia, konsumsi juga merupakan komponen utama dalam perekonomian. Konsumsi manusia dapatberupa barang dan jasa yang harus dipenuhi sesuai dengan kebutuhan masing-maisng individu. Sebagai seorang mahasiswa pendatang tentu memiliki bidang konsumsi tersendiri yang akan dibutuhkan setiap harinya seperti makan dan minum, keperluan kuliah seperti foto copy, print, alat tulis, jajanan, dan lainnya. Berangkat dari hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pola konsumsi mahasiswa pendatang dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Kecamatan Sumarame? Dan Bagaimana pandangan Ekonomi Islam tentang pola konsumsi mahasiswa pendatang dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Kecamatan Sukarame Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola konsumsi mahasiswa pendatang dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Kecamatan Sukarame Bandar Lampung dan untuk mengetahui pula bagaimana pandangan Ekonomi Islam tentang pola konsumsi mahasiswa pendatang dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Kecamatan Sukarame Bandar Lampung Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik wawancara kepada 40 responden. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh hasil bahwa Mahasiswa pendatang baik yang tinggal di rumah kontrakan atau rumah kost di Kecamatan Sukarame memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan kebutuhan mahasiswa akan kebutuhan pokok, kebutuhan wajib kuliah, dan kebutuhan penunjang yang disediakan oleh para pelaku usaha di kecamatan Sukarame sehingga dengan keberadaan mahasiswa ini pendapatan mereka terus meningkat. Pola konsumsi Mahasiswa masih dalam tahap wajar sesuai dengan ajaran Islam untuk tidak bersikap berlebihan. Para mahasiswa membeli kebutuhan mereka sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dan tidak menghambur-hamburkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:20
Last Modified: 06 Feb 2024 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32295

Actions (login required)

View Item View Item