PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN PERILAKU KONSUMERISME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Konsumen Produk Somethinc Di Lampung)

YULIA, AGUSTI HERMANIA (2024) PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN PERILAKU KONSUMERISME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Konsumen Produk Somethinc Di Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULIA AGUSTI HERMANIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bisnis produk kecantikan yang berkembang begitu pesat menyebabkan perubahan besar pada pasar, beragam merek produk kecantikan tersebut menyebabkan persaingan yang ketat dalam industri perawatan kulit. Persaingan yang ketat menuntut kegigihan para pelaku usaha agar terus menciptakan ciri khas produk sehingga dapat meraih minat beli konsumen. Untuk menarik minat konsumen perusahaan gencar melakukan promosi di berbagai macam media sosial dan menggandeng beberapa Brand Ambassador agar lebih menarik konsumen sehingga kini Somethinc semakin dikenal luas dan banyak mencuri perhatian konsumen sejak perilisan pertama di tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Brand Ambassador dan Perilaku Konsumerisme Terhadap keputusan Pembelian Produk Somethinc Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Pada Konsumen Produk Somethinc Di Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan koesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan produk skincare Somethinc di lampung yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan menggunakan Rumus Slovin, didapat sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis data dari Uji T diperoleh bahwa variabel Brand Ambassador memiliki nilai Thitung (5.396) > Ttabel (1.661) dan Variabel Perilaku Konsumerisme (X2) menunjukkan nilai Thitung sebesar 3.152 < Ttabel 1.661 dengan nilai signifikan 0.002 > 0,05. maka H0 ditolak dan Ha diterima dan dari hasil Uji F(simultan) bahwa nilai Fhitung (26,762) > Ftabel (2,700) sehingga variabel Brand Ambassador dan Perilaku Konsumerisme berpengaruh positif secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,356 atau 35,6%. Produk Somethinc telah sesuai dengan Perspektif Ekonomi Islam dilihat dari perilaku konsumsi suatu barang dan yang bersertifikat halal. Kata Kunci : Brand Ambassador, Perilaku Konsumerisme, Keputusan Pembelian, Ekonomi Islam. ABSTRACT The development of the beauty product business that is growing so rapidly causes major changes in the market, various brands of beauty products cause intense competition in the skin care industry. Tight competition requires the persistence of business people to continue to create product characteristics so that they can gain consumer buying interest. To attract consumer interest, the company intensively promotes in various kinds of social media and collaborates with several Brand Ambassadors to attract consumers so that now Somethinc is increasingly widely known and has stolen the attention of consumers since its first release in 2019. The purpose of this study was to determine the effect of brand ambassadors and consumer behavior on purchasing decisions for Somethinc products according to the perspective of sharia economics on consumers of Somethinc products in Lampung. This type of research is quantitative research with a quantitative descriptive approach. Data collection in this study used documentation and questionnaire methods. The population in this study were consumers who had bought and used Somethinc skincare products in Lampung whose numbers were unknown. The sampling technique is simple random sampling using the Slovin formula, obtained a sample of 100 respondents. The analytical tool used is multiple linear regression. The results of this study indicate that the data analysis from the T test obtained that the Brand Ambassador variable has a value of Thitung (5.396)> Ttable (1.661) and the Consumer Behavior Variable (X2) shows a Thitung value of 3.152 < Ttable 1.661 with a significant value of 0.002> 0.05. then H0 is rejected and Ha is accepted and from the results of the F test (simultaneous) that the value of Fhitung (26.762) > Ftabel (2.700) so that the Brand Ambassador and Consumer Behavior variables simultaneously have a positive effect on the purchasing decision variable. The coefficient of determination (R2) value is 0.356 or 35.6%. Somethinc products are in accordance with the Islamic Economic Perspective seen from the consumption behavior of an item and are halal certified. Keywords: Brand Ambassador, Consumerism Behavior, Purchasing Decision, Islamic Economics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:44
Last Modified: 06 Feb 2024 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32288

Actions (login required)

View Item View Item