ANALISIS SIYASAH TANFIDZIYYAH SYARR’IYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 5 PERATURAN BUPATI LAMPUNG BARAT NOMOR 8 TAHUN 2022 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BUPATI LAMPUNG BARAT NOMOR 8 TAHUN 2021 TENTANG SANTUNAN KEMATIAN BAGI MASYARAKAT (Studi di Dusun Karya Jaya Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat)

ALKAUSAR, Abdurahman Sarmidibasri (2024) ANALISIS SIYASAH TANFIDZIYYAH SYARR’IYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 5 PERATURAN BUPATI LAMPUNG BARAT NOMOR 8 TAHUN 2022 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BUPATI LAMPUNG BARAT NOMOR 8 TAHUN 2021 TENTANG SANTUNAN KEMATIAN BAGI MASYARAKAT (Studi di Dusun Karya Jaya Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALKAUSAR ok unesco full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Kabupaten Lampung Barat membuat suatu kebijakan yang tercantum pada Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Santunan Kematian Bagi Masyarakat Eksistensi dari peraturan ini sebagai wujud rasa bela sungkawa dan duka cita pemerintah daerah terhadap masyarakat yang meninggal dunia dengan memberikan upaya keringanan dan bantuan kepada ahli waris yang terkena musibah berupa santunan kematian. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pasal 5 Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Santunan Kematian Bagi Masyarakat di Dusun Karya Jaya, Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat ? dan Bagaimana Perspektif Siyasah Tanfidziyyah Syar’iyyah Terhadap Implementasi Pasal 5 Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Santunan Kematian Bagi Masyarakat di Dusun Karya Jaya, Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pasal 5 Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Santunan Kematian Bagi Masyarakat di Dusun Karya Jaya, Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat dan Untuk Mengetahui Perspektif Siyasah Tanfidziyyah Syar’iyyah Terhadap Impelementasi Pasal 5 Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Santunan Kematian Bagi Masyarakat di Dusun Karya Jaya, Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Jenis penlitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, Wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu editing dan penyusunan sistematika data, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Bupati Lampung Barat sudah terimplementasikan secara maksimal, hanya saja ada beberapa kendala dalam pengimplementasian dari iii santunan kematian ini, seperti banyak masyarakat terutama di Dusun Karya Jaya, Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat yang tidak mengetahui akan adanya Peraturan Bupati tentang santunan kematian masyarakat. Sementara itu dalam perspektif Siyasah Tanfidziyyah terhadap pelaksanaan santunan kematian bagi masyarakat yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat secara umum sudah sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dalam Siyasah Tanfidziyyah yaitu Tauhid, Syuro (Musyawarah) dan Al-adalah (Adil/Amanah). Kata Kunci: Implementasi Santunan Kematian Bagi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:49
Last Modified: 05 Feb 2024 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32283

Actions (login required)

View Item View Item