UPAYA SEKOLAH DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

INDAH, MUKTI LESTARI (2024) UPAYA SEKOLAH DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI INDAH MUKTI 1-2,5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDAH MUKTI 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berbagai macam permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah, salah satu masalah yang sangat penting untuk dilakukan pencegahan adalah perilaku bullying. Korban bullying di sekolah biasanya adalah anak-anak introvert dengan harga diri rendah dan kurangnya keterampilan sosial, terutama dalam khususnya dalam hal keasertifan. Berdasarkan hasil data lapangan di SMA Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan ditemukan adanya tindakan bullying yang terjadi di kalangan peserta didik, Penelitian terhadap bullying di lingkungan sekolah sangat penting untuk di bahas, mengingat rentang usia peserta didik di SMA adalah 16-18 tahun dimana peserta didik mulai beranjak dewasa dan mulai mengidentifikasi lingkup pergaulan disekitarnya, sehingga sangat diperlukan pengawasan, peranan dan arahan dari berbagai pihak baik mulai dari orangtua, sekolah yang meliputi elemen kepala sekolah, guru wali kelas, guru bimbingan dan konseling dan lain sebagainya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana teknik pengumpulan data kualitatif dikumpulkan melalui natural setting dengan teknik wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Penelitian ini melakukan analisis data pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah data itu terkumpulkan pada waktu yang telah ditentukan. Subjek dalam penelitian ini adalah elemen yang terdalam di dalam sekolah yaitu kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, wali kelas, serta peserta didik di SMA Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan. Saat proses wawancara berlangsung, peneliti telah melakukan analisis terhadap jawaban yang diberikan oleh responden. Pada penelitian ini untuk menguji kredibilitas data, penulis menggunakan teknik triangulasi Hasil penelitian menujukan bahwa gambaran perilaku bullying pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jati Agung adalah 2 macam, yaitu bullying verbal dan bullying fisik. dimana bullying verbal ini meliputi mengejek dengan sebutan “codet, suara kecil”, menyindir seperti anak kesayangan guru karena carper menggunakan kalimat yang kurang enak, melabrak, dan menyebar gossip. Gambaran perilaku bullying selanjutnya adalah bullying fisik, meliputi mendorong, memukul kepala dan pundak, serta menjagak atau memalak, dimana iv hasil dari penelitian di konfirmasi bahwa pelaku dan korban merupakan teman satu kelas dan cenderung sasarannya adalah siswa/siswi yang penampilannya berbeda (lemah). Upaya Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying, upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah membuat 2 program yakni Menciptakan program budaya anti-bullying di sekolah Program Sholat Dhuha, upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah melakukan berbagi macam layanan seperti Layanan klasikal, Layanna Individual, Layanan Informasi, Layanan Bimbingan Konseling Individu Kelompok, sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru wali kelas adalah Pengawasan berupa: Meningkatkan pengawasan terhadap siswa, Menasehati siswa yang melakukan bullying, Memberi perhatian kepada siswa pelaku bullying. Kata Kunci: Upaya Sekolah, Bimbingan dan Konseling, Gambaran Bullying. v ABSTRACT With all sorts of problems happening in the school environment, one of the most important issues to prevent is bullying behavior. Victims of bullying in schools are usually introverted children with low self-esteem and a lack of social skills, especially in terms of assertivity. Research on bullying in the school environment is very important to be discussed, given that the age range of pupils in high school is 16–18 years, where the pupils begin to grow up and begin to identify the scope of society around them, so it is necessary to receive supervision, roles, and directions from various parties ranging from parents to the school, which includes the head of the school, the teacher guardian of the class, teacher guidance and counseling, and so on. This type of research uses descriptive qualitative research, where the techniques of collecting quantitative data are collected in natural settings through interviews, observation, and documentation techniques. This research performs data analysis at the time the data collection is in progress and after the data is collected at the specified time. Subjects in this research are the most profound elements in the school, namely the head of the school, teachers of guidance and counseling, classmates, as well as pupils at the State High School 1 Jati Agung Lampung South. As the interview process continues, the researchers have analyzed the answers given by the respondents. In this study, to test the credibility of the data, the author used triangulation techniques. The results of the study indicate that the picture of bullying behavior in students in the eleventh grade at State High School 1 Jati Agung is of two kinds, namely verbal bullies and physical bullies. This verbal bullying involves mocking with the term "codet, little voice" and cuddling like the teacher's beloved son because the carper uses unpleasant sentences, crashes, and spreads gossip. The next pattern of bullying behavior is physical bullying, including pushing, beating the head and shoulder, as well as slapping or shaking. The results of research confirm that the perpetrator and the victim are friends of the vi same class and tend to be targeted students or teachers with different appearances. (lemah). In school efforts to prevent bullying behavior, the efforts made by the head of the school are to create two programs, namely Creating anti-bullying cultural programs in the school Sholat Dhuha Program, efforts by the mentoring and counseling teachers are to share kinds of services such as classical services, individual layout, information services, and group counseling for individuals, while the efforts undertaken by the tutor of the classroom are surveillance, such as improving supervision of students, advising students who commit bullying, and giving attention to student perpetrators. Keywords: School Efforts, Guidance and Counseling, Picture Bullying

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:19
Last Modified: 05 Feb 2024 10:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32279

Actions (login required)

View Item View Item