Mengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melaui Bermain Balok Di Taman Kanak – Kanak Assalam Lampung

GUSNIANTI, Ukardin (2024) Mengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melaui Bermain Balok Di Taman Kanak – Kanak Assalam Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+2&DAPUSS.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI GUSNIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari permasalahan belum optimalnya mengembangkan kognitif anak dikarenakan proses pembelajaran yang berlangsung lebih diarahkan pada pola pembelajaran mononton. Dalam tujuan untuk mengetahui bagaimana Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun pada tahapan praoprasional,dengan indikator, yaitu mengidentifikasi, menyebutkan, mengklasifikasibenda, memasangkan,dan mengambil kesimpulan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Bagaimana Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Balok Di Taman Kanak-KanakAssalam Lampung.. Penelitian ini penulis menggunakan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif dengan Subyek Penelitian adalah Guru dan siswa kelomok B (5-6 tahun). Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana penerapan bermain balok dapat mengembangkan kognitif anak, sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian.Data yang dianalisis secara interaktif ( reduksi data,display data, verifikasi / penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan bahwa kognitif anak berkembang lebih optimal penerapan bermain balok dengan berdasarkan langkah-langkah serta indikator pencapaian yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini yaitu pemilihan tema yang ingin dicapai,memberi kesempatan iv pada anak untuk tanya jawab, menunjukkan benda-benda yang dibuat oleh peserta didik, memberi kesempatan pada anak untuk memproleh pengalaman langgsung dalam berbagai antifitas, dan evaluasi. Dilihat dari delapan langkah tersebut mengembangkan kognitif melalui bermain balok di taman kanak-kanak assalam lampung dapat dikatakan sangat baik. Kata kunci: Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Balok v ABSTRACT This research originates from the problem of nt yet optimally developing children’s cognitive development because the learning process that takes place is more directed at th pattern of watching learning. Th aim is to find out how to develop thr cognitive development of chdren aged 5-6 years at the preoprasional stagewith indicators,namely,identifying, naming, classifying objects, pairing, and In colclusion, the formulation of the problem in this research is”How To Develop Cognitive Children Aged 5-6 Years Through Playing With Blocks In Assalam Lampung Kindergartens In this research, the author used a qulitative,descriptive research method with the reseaarch subjects being tachers and studends of group B (5-6 years). The data collction tools the author used were observation, interviews and documentation. The observation method was themain method, theinterview method was to find ot the extnt of mplementation. Playying with blocks can develop childrens cognitive abilities, while the documentation method supports research.Data analyzed interactively (data reduction, data display, verification/ drawing conclusions).. Based on the results of the analysis and discussion, the author can conclude that children’s cognitive development is more optimal in the application of playing with blocks based on steps and achievement, namely choosing the theme they want to achieve, giving children the opportunity to ask questions and show objects made by vi them. Students,giving childrens the opportunity to gain directexperience in various acrivities and avaluations. Judgig from the einght steps to develo cognitive through paying with blocks in Assalam Lampung Kindergarten, it can be said to be vaery good. Keywords: Cognitive Of Children Aged 5-6 Years Though Playing With Blocks

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:00
Last Modified: 05 Feb 2024 10:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32277

Actions (login required)

View Item View Item