ANALISIS EKOLITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ECOPEDAGOGY

DEWI, ULIASARI (2024) ANALISIS EKOLITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ECOPEDAGOGY. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia merupakan makhluk multidimensional, yang antara lain mempunyai hubungan dengan lingkunga. Dengan begitu, manusia memiliki kewajiban untuk menjaga keselarasan dan kesinambungan dengan alam. Alam bukanlah suatu objek kehidupan yang bisa terus dieksploitasi melalui perusakan, pencemaran, maupun berbagai perbuatan buruk yang lain. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Penelitian Lapangan merupakan sifat yang di gunakan dalam penelitian ini yakni dengan meneliti peserta didik kelas X dan XI yang ada di SMA Alam Lampung. Adapun mengenai sumber data peneliti membagi menjadi dua yakni sumber data primer serta sumber data sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket kuosioner ekoliterasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ekoliterasi peserta didik sangat baik. Dengan ditunjukkan adanya perolehan hasil dari angket ekoliterasi dengan presentase masing-masing yaitu 98% pada aspek peduli tehadap makhluk hidup dan lingkungan, 80% pada aspek memahami prinsip dasar ekologi, dan 62% pada aspek memahami akibat perbuatan manusia bagi ekosistem. Kata Kunci : Ekoliterasi, Ekopedagogi, dan Lingkungan ABSTRACT Humans are multidimensional creatures, which, among other things, have a relationship with the environment. In this way, humans have an obligation to maintain harmony and continuity with nature. Nature is not an object of life that can continue to be exploited through destruction, pollution, or various other bad actions. In this research, the method used in this research is qualitative. Field research is the nature used in this research, namely by examining class X and XI students at SMA Alam Lampung. Regarding data sources, researchers divide them into two, namely primary data sources and secondary data sources. Data collection was carried out in this research using ecoliteracy questionnaires, observation, interviews and documentation. The results of this research show that students' ecoliteracy is very good. This shows that the results obtained from the ecoliteracy questionnaire were 98% in the aspect of caring for living creatures and the environment, 80% in the aspect of understanding basic principles of ecology, and 62% in the aspect of understanding the consequences of human actions for the ecosystem. Keywords: Ecoliteracy, Ecopedagogy, and Environment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:38
Last Modified: 05 Feb 2024 11:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32273

Actions (login required)

View Item View Item