TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK JUAL BELI BATU BELAH DENGAN SISTEM GABRUG (Studi kasus di Desa Kalireja 1 Kelurahan Fajar Bulan Lampung Barat)

MUHAMMAD, SYAFI‘I (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK JUAL BELI BATU BELAH DENGAN SISTEM GABRUG (Studi kasus di Desa Kalireja 1 Kelurahan Fajar Bulan Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 135 NEW.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SYAFII NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hukum Islam telah mengatur sedemikian rupa tatacara perilaku kehidupan manusia dalam bermuamalah salah satunya yaitu jual beli (Al-Bai Asy-syiro), jual beli merupakan salah satu bentuk adanya interaksi sesama manusia, sebagai usaha bagi manusia tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jual beli yang tidak memenuhi syarat dan rukun jual beli akan berakibat tidak sahnya jual beli yang dilakukan. Jual beli batu belah dengan sistem gabrug di Fajar Bulan, Lampung Barat dilakukan oleh para penjual batu belah dengan menggumpulkan batu belah dan dimasukkan ke dalam dum truck dengan ukuran dan berat yang berbeda, ada yang besar dan ada yang kecil, di mana ukuran dan berat batu belah yang kecil akan lebih padat dan penuh dibandingkan dengan batu belah yang besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli batu belah di Fajar Bulan Lampung Barat?, bagaimanakah tinjauan hukum islam terhadap jual beli batu belah di Fajar Bulan Lampung Barat?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik jual beli batu belah di Fajar Bulan Lampung Barat, untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap praktik jual beli batu belah di Fajar Bulan Lampung Barat. Metode penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan ( field research) dan bersifat deskriftif. Sumber data pada penelitian ini berasal dari sumber data primer yang diperoleh langsung dari lapangan bersumber dari hasil observasi dan wawancara penjual dan pembeli batu belah di Fajar Bulan Lampung Barat dan data sekunder yang berupa data pendukung yang berasal dari berbagai literatur, seperti buku, jurnal hingga teori dan penelitian yang relevan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Analisis data mempergunakan metode pendekatan deskriftif serta penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif. iv Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan praktik jual beli batu belah di Fajar Bulan Lampung Barat merupakan praktik jual beli dengan mengurangi isi muatan, hal ini dapat terlihat dimana setiap truk memiliki garis muatan enam sampai tujuh kubik , untuk mencapai garis tersebut penjual mencuranginya dengan cara memasukan terlebih dahulu batu berukuran besar yang kemudian ditopang mengunakan balok berukuran besar atau objek lainnya. Sehingga muatan yang seharusnya enam sampai tujuh kubik menjadi lima atau enam kubik saja. Tinjauan Hukum Islam tentang jual beli batu belah dengan sistem gabrug yang terjadi di Desa Kalireja 1 Fajar Bulan tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam, karena dalam transaksinya terdapat unsur penipuan yang tidak sesuai pada salah satu syarat sahnya jual beli. Dalam hukum Islam jual beli harus terbebas dari unsur yang merugikan atau membebani setiap pihak seperti unsur penipuan dan ketidakjelasan. Kata Kunci: Jual Beli,Timbangan,Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:33
Last Modified: 05 Feb 2024 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32272

Actions (login required)

View Item View Item