IMPLEMENTASI PASAL 118 PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NOMOR 15 TAHUN 2012 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN MENURUT FIQH SIYASAH DUSTURIYYAH (Studi Pantai Sebalang)

WINDI, SETYANINGRUM (2024) IMPLEMENTASI PASAL 118 PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NOMOR 15 TAHUN 2012 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN MENURUT FIQH SIYASAH DUSTURIYYAH (Studi Pantai Sebalang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI WINDI SETYANINGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pantai Sebalang adalah obyek wisata tepi laut yang berada di wilayah Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Rumusan Masalah di dalam penelitian ini ialah Bagaimana Implementasi Pasal 118 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 15 Tahun 2012 tentang Tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Lampung Selatan di Pantai Sebalang dan Bagaimana menurut Fiqh Siyasah Dusturiyyah mengenai Implementasi Pasal 118 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 15 Tahun 2012 tentang Tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Lampung Selatan di Pantai Sebalang, Berdasarkan permasalahan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pasal 118 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 15 Tahun 2012 tentang Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lampung Selatan di Pantai Sebalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menurut fiqh siyasah dusturiyyah tentang Implementasi Pasal 118 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 15 Tahun 2012 tentang Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lampung Selatan di Pantai Sebalang.. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, sumber data primer diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lapangan melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data sekunder merupakan data yang berkaitan dengan lokasi penelitian, data sekunder dalam hal ini merupakan pelengkap. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pasal 118 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 15 Tahun 2012 tentang Tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Lampung Selatan di Pantai Sebalang belum secara maksimal dijalankan, diketahui bahwa pengelola pantai sebalang saat ini ialah perusahaan swasta yang memenangkan Hak Guna Usaha, namun untuk pelestarian, keaslian dan keunikan Pantai Sebalang sudah dijalankan dengan baik oleh para pelaku usaha maupun wisatawan. Dalam pandangan Fiqh Siyasah Dusturiyyah, sebagaimana kita sebagai khalifah di muka bumi manusia sepatutnya menjaga kelestarian alam sebagai salah satu contoh kecil dari menjaga kelestarian dan keaslian wilahyah Pantai Sebalang ialah masalah kebersihan, untuk masalah kebersihan para pelaku usaha dan wisatawan sudah dijalankan dengan baik dengan penuh kesadaran, pengelola Pantai Sebalang tidak memiliki peraturan tertulis dalam mekanisme kebersihan di sekitar Pantai Sebalang, para pelaku usaha dibebaskan untuk mekanisme kebersihan di sekitar lapak dagangan, untuk menjaga keaslian para pelaku usaha tidak diperkenankan mendirikan bangunan permanen di sekitar kawasan wisata Pantai Sebalang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:54
Last Modified: 05 Feb 2024 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32266

Actions (login required)

View Item View Item