PRAKTIK TRANSAKSI JUAL BELI UANG KERTAS ASING DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri Kecamatan Kota Bandar Lampung)

CIA, RAMAWATI (2024) PRAKTIK TRANSAKSI JUAL BELI UANG KERTAS ASING DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri Kecamatan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (43MB)
[thumbnail of SKRIPSI CIA RAMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (47MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan ini manusia tidak lepas dari transaksi jual beli guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain jual beli barang atau benda, terdapat pula jual beli uang. Biasanya yang lazim terjadi adalah jual beli uang kertas asing sebagaimana di bank atau di money changer, selain di kedua tempat tersebut ada juga yang memperjualbelikan uang kertas asing seperti yang terjadi di PT Mitra Muda Reksa Mandiri. Dalam transaksi jual beli uang kertas asing di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri ini penjual melakukan pengambilan keuntungan yang tidak diketahui oleh para pembeli sehingga pembeli merasa dirugikan. Penjual juga melakukan kecurangan dengan cara tidak menjelaskan saat akad awal adanya pemotongan langsung pada transaksi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik transaksi jual beli uang kertas asing di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri Kemiling, Bandar Lampung? Bagaimana praktik transaksi jual beli uang kertas asing di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri dalam perspektif Hukum Islam? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik transaksi jual beli uang kertas asing di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri, dan untuk mengetahui praktik transaksi jual beli uang kertas asing di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri dalam perspektif Hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri Kemiling, Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik transaksi jual beli uang kertas asing di PT. Mitra Muda Reksa Mandiri Kemiling Bandar Lampung, untuk transaksinya dilakukan secara lisan iii dalam pelaksanaannya, tetapi pada akad awal penjual tidak membuat perjanjian atau kesepakatan kepada pembeli sehingga pembeli merasa dirugikan karena saat menerima uang yang telah menjadi ringgit berkurang dari nominal awal. Jual beli tersebut jika dilihat dari segi perspektif hukum Islam tidak sesuai atau tidak diperbolehkan, karena tidak sesuai dengan rukun syarat jual beli dan prinsip-prinsip jual beli, yang salah satu nya ada dalam proses transaksi yaitu harus ada kejelasan mengenai pemotongan langsung saat transaksi terjadi, sedangkan dalam transaksi jual beli uang kertas asing ini penjual tidak menjelaskan apapun. Praktik transaksi jual beli ini juga menyimpang dari prinsip-prinsip jual beli yaitu tidak adanya kejelasan, keterbukaan pada transaksi dan kerelaan antara kedua belah pihak. Bisnis ini dia lakukan untuk mencari keuntungan yang lebih besar. Kata Kunci : Uang Kertas Asing, Hukum Islam, Jual beli

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:38
Last Modified: 02 Feb 2024 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32262

Actions (login required)

View Item View Item