PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP ORANG TUA YANG MEMENUHI KEWAJIBAN HANYA SEBATAS MEMBERI MATERI KEPADA ANAK (Studi di Perumahan Kayu Manis Residence Sepang Jaya)

RISTIA, AGIS WAHIDA (2024) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP ORANG TUA YANG MEMENUHI KEWAJIBAN HANYA SEBATAS MEMBERI MATERI KEPADA ANAK (Studi di Perumahan Kayu Manis Residence Sepang Jaya). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISTIA AGIS WAHIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Betapa pentingnya peran sebagai orang tua tidak hanya sebatas memberikan materi kepada anak tetapi anak juga perlu hak-hak yang lain seperti yang telah dijelaskan di atas, apalagi di masa saat ini yang semakin banyak pengaruh-pengaruh negatif terutama dari lingkungan, baik itu dari teman, sekolah, komunitas, organisasi dan lain sebagainya. Sebagai orang tua maka harus lebih hati-hati dan teliti terhadap anak, memberikan perhatian yang cukup untuk anak serta pendidikan yang baik dan sejalan dengan tuntunan Islam yang telah yang telah diterapkan di agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana orang tua yang memenuhi kewajiban hanya sebatas memberi materi kepada anak di Perumahan Kayu Manis Residence Sepang Jaya? dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap orang tua yang memenuhi kewajiban hanya sebatas memberi materi kepada anak di Perumahan Kayu Manis Residence Sepang Jaya? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui orang tua yang memenuhi kewajiban hanya sebatas memberi materi kepada anak di Perumahan Kayu Manis Residence Sepang Jaya dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap orang tua yang memenuhi kewajiban hanya sebatas memberi materi kepada anak di Perumahan Kayu Manis Residence Sepang Jaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini yaitu deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu, editing, coding, dan sistematisasi data. Kemudian analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan berfikir secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, Orang tua yang memenuhi kewajiban hanya sebatas memberi materi kepada anak di Perumahan Kayu Manis Residence Sepang Jaya didasarkan pada tekad orang tua untuk memastikan bahwa anak-anak memiliki akses terhadap pendidikan berkualitas, iii perawatan kesehatan yang memadai, pangan yang bergizi, serta tempat tinggal yang aman dan layak. Hal ini dianggap sebagai fondasi yang solid bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dalam menghadapi kehidupan yang akan datang. Meskipun aspek non�materiil penting, masalah waktu dan tuntutan pekerjaan menjadi penghalang orang tua dalam memberikan perhatian emosional dan waktu yang memadai kepada anak-anaknya. Kedua, orang tua yang memenuhi kewajiban hanya sebatas memberi materi kepada anak di Perumahan Kayu Manis Residence Sepang Jaya tidak sesuai dengan hukum Islam. Hal ini dikarenakan kewajiban orang tua tidak terbatas pada aspek materi semata, tetapi melibatkan keseluruhan aspek kehidupan anak-anak. Ajaran Islam mendorong pemberian pengajaran agama yang kuat, pembentukan karakter baik, dan dukungan emosional untuk membentuk individu yang seimbang dan bermoral sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. al-Baqarah [2]: 233 dan Q.S. Luqman [31]: 14.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:41
Last Modified: 02 Feb 2024 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32257

Actions (login required)

View Item View Item