ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK HASANAH CARD DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Pada PT. Bank Syariah Indonesia Metro)

Sarmila, Noviyanti (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK HASANAH CARD DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Pada PT. Bank Syariah Indonesia Metro). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2& dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi mila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Produk Hasanah Card merupakan produk unggulan Bank syariah Indonesia Metro. Produk Hasanah Card pembiayaan menggunakan akad mudharabah dan musyarakah yaitu memperoleh bagi hasil. Namun semakin berkembang sector perbankan di Indonesia diperlukan dan pemasaran untuk menghadapi persaingan khususnya pada produk pembiayaan. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Penelitian ini mengangkat suatu rumusan masalah yaitu strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada Bank Syariah Indonesia Metro, Bagaimmana pandangan Islam terhadap strategi pemasaran produk iB Hasanah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada Bank Syariah Indonesia Metro, Bagaimana pengalaman pelanggan dalam penggunaan produk Hasanah Card. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa wawancara dengan pihak Bank Syariah Indonesia serta dokumentasi yang berkaitan dalam penelitian ini dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah produk Hasanah Card di Bank Syariah Indonesia sebagai berikut: menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix yang tediridari 7P, yaitu Product, Price, Place dan Promotion, People, Process, Physical Evidence. Pandangan Islam terhadap strategi pemasaran produk iB Hasanah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada Bank Syariah Indonesia Metro bahwasannya secara keseluruhan strategi pemasaran Hasanah card yang dilakukan oleh BSI Metro sudah sesuai dengan prinsip syariah, mulai dari segmentasi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produk-produknya dan tidak melanggar hal-hal yang mengandung unsur prinsip-prinsip ekonomi Islam. Pengalaman pelanggan dalam penggunaan produk Hasanah Card Pengalaman pelanggan dalam menggunakan produk BSI Hasanah Card dapat bervariasi tergantung pada preferensi masing-masing pelanggan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Hasanah Card, Keunggukan Kompetitif. ABSTRACT The Hasanah Card product is a superior product of Islamic Bank Indonesia Metro. Hasanah Card financing products use mudharabah and musyarakah contracts, namely obtaining profit sharing. However, the growing banking sector in Indonesia requires marketing and marketing to face competition, especially in financing products. The importance of marketing is to fulfill people's needs and desires for a product or service. This research raises a problem formulation, namely marketing strategy in increasing competitive advantage at Bank Syariah Indonesia Metro, What is the Islamic view of the marketing strategy for iB Hasanah products in increasing competitive advantage at Bank Syariah Indonesia Metro, What is the customer experience in using Hasanah Card products. The research method that the author uses in writing this thesis is using a qualitative approach. The data collection used by the author took the form of interviews with Bank Syariah Indonesia as well as documentation related to this research and the data analysis used was qualitative descriptive. From the research results, it can be seen that the marketing strategy in an effort to increase the number of Hasanah Card product customers at Bank Syariah Indonesia is as follows: using a marketing mix consisting of 7Ps, namely Product, Price, Place and Promotion, People, Process, Physical Evidence. The Islamic view on the marketing strategy for iB Hasanah products in increasing competitive advantage at Bank Syariah Indonesia Metro is that overall the Hasanah card marketing strategy carried out by BSI Metro is in accordance with sharia principles, starting from appropriate marketing segmentation in marketing its products and not violating any -things that contain elements of Islamic economic principles. Customer experience in using Hasanah Card products Customer experience in using BSI Hasanah Card products can vary depending on the preferences of each customer. Keywords: Marketing Strategy, Hasanah Card Products, Competitive Advantag.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:21
Last Modified: 01 Feb 2024 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32252

Actions (login required)

View Item View Item