PERAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENANGGULANGAN PEKERJA ANAK DI BAWAH UMUR DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kota Bandar Lampung)

Mukti, Ali (2024) PERAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENANGGULANGAN PEKERJA ANAK DI BAWAH UMUR DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUKTI ALI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anak merupakan titipan dari tuhan yang maha esa kepada orang tua, tentunya yang harus dijaga dan dilindungi karena dalam diri anak melekat harkat, martabat dan hak-hak yang harus dijunjung tinggi, salah satunya adalah tidak melakukan pekerjaan yang belum saatnya untuk mereka lakukan. Pekerja anak adalah anak yang melakukan segala jenis pekerjaan yang memiliki sifat atau intensitas yang dapat mengganggu pendidikan, membahayakan keselamatan, kesehatan serta tumbuh kembangnya dapat digolongkan sebagai pekerja anak. Dengan adanya Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan Undang-undang No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, maka dari itu pemerintah melarang anak untuk bekerja dan anak berhak atas perlindungan dari pemerintah dan orangtua. Akan tetapi, dalam kenyataannya di Kota Bandar Lampung sendiri masih banyak anak jalanan yang bekerja baik laki-laki maupun perempuan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah yang pertama bagaimana peran pemerintah kota Bandar lampung dalam penanggulangan pekerja anak di bawah umur dan yang kedua adalah bagaimana peran pemerintah kota Bandar lampung dalam penanggulangan pekerja anak di bawah umur ditinjau dari hukum islam Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research), Adapun penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dimana mengungkapkan kejadian fakta, penomena dan keadaan yang ada dilapangan. Dengan metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam mengatasi masalah anak yang bekerja sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Dimana Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung memberikan sosialisasi kepada orang tua dan bekerja sama dengan dinas terkait agar jangan mempekerjakan anak serta mempunyai progam-progam yang sudah dijalankan seperti pusat pemebelajaran keluarga, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak yang lebih dimaksudkan kepada upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin dengan memberikan bantuan dan fasilitas kepada keluarga yang kurang mampu dan bantuan kepada anak mereka untuk sekolah. Tinjauan hukum Islam terhadap pekerja anak dibawah umur tentumya dilarang dan dalam Fiqh Siyasah tanfidziyyah yang dimana pemerintah atau pemimpin (ulil amri) jika ditinjau dari Al-Qur`an bisa dikatakan belum sejalan dengan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:02
Last Modified: 01 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32249

Actions (login required)

View Item View Item