PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC– AUDITORY– VISUALIZATION– INTELLECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V DI SDN 01 BOGATAMA TULANG BAWANG

DANDI, SUSILO (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC– AUDITORY– VISUALIZATION– INTELLECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V DI SDN 01 BOGATAMA TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DANDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalah ini dilatar belakangi dari permasalahan peserta didik yang berada pada nilai hasil belajar yang masih belum maksimal pada materi IPAS, karena peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran serta kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Kondisi tersebut dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 01 di Bogatama. Adapun tujuan penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 01 di Bogatama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. jenis penelitian ini dengan cara melakukan posttest di kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian dilaksankan di SDN 01 Bogatama Tulang Bawang. Teknik pengambilan sample yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. pengambilan sampel menggunakan dua kelompok kelas diantaranya kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan cara observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran SAVI dalam perhitungan Uji-t, di dapat nilai sig. 0,009 maka jika nilai sig. 0,05 (5%)pada sig. (2-tailed) maka H0 di tolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi ekosistem dan harmoni menggunakan model pembelajaran SAVI dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, IPAS iv ABSTRAK This problem is motivated by the problem of students who are in the value of learning outcomes that are still not optimal in science material, because students still have difficulty in understanding learning material and lack of student involvement in learning. These conditions can affect the learning outcomes of students. The formulation of the problem in this study is whether there is a significant influence in the use of Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) learning models on the science learning outcomes of grade V students of SDN 01 in Bogatama. The purpose of this study is whether there is a significant influence in the use of Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) learning models on the science learning outcomes of grade V students of SDN 01 in Bogatama. The research method used in this study is a quantitative approach. The type of experiment used is Quasi Experimental Design. this type of research by conducting posttests in experimental and control classes. The research was conducted at SDN 01 Bogatama Tulang Bawang. The sampling technique used in this study used the Cluster Random Samplin technique. sampling using two class groups including class VA as the experimental class and class VB as the control class. Data collection techniques by means of tests. Based on the results of data analysis, it can be said that the SAVI learning model in the calculation of the t-test, obtained a sig value. 0.000 then if the sig value. 0.05 (5%) on sig. (2-tailed) then H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is an effect of the SAVI learning model on student learning outcomes in ecosystem material and harmony using the SAVI learning model can have a positive impact on the learning process and student learning outcomes. Keywords: SAVI Learning Model, Learning Outcomes, IPAS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:39
Last Modified: 31 Jan 2024 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32238

Actions (login required)

View Item View Item