IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 43 TAHUN 2004 TENTANG PELAKSANAAN UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANJUT USIA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara)

LUPITA, ASRIANI (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 43 TAHUN 2004 TENTANG PELAKSANAAN UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANJUT USIA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUPITA ASRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terkoordinasi antara Pemerintah dan masyarakat untuk memberdayakan lanjut usia agar tetap dapat melaksanakan fungsi sosialnya dan berperan aktif secara wajar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (2) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia dalam Perspektif Fiqh siyasah. Untuk Mengetahui Perspektif Siyasah Dusturiyah dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan studi kasus dengan peneliltian lapangan, data-data yang didapat melalui wawancara, catatan lapangan, foto dan dokumen. Teknik observasi wawancara, untuk menganalisa data penulis mendeskripsikan melalui hasil wawancara Pegawai Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara, Lanjut Usia dan Masyarakat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Kabupaten Lampung Utara, belum maksimal untuk dijalankan hal ini dikarenakan adanya kendala yang dihadapi oleh dinas sosial yakni, anggaran yang minim, kurangnya sumber manusia dan kurangnya pendataan terhadap jumlah lanjut usia di Kabupaten Lampung Utara. Upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia di Kabupaten Lampung Utara belum terlaksana secara menyeluruh, hanya beberapa poin saja yang terlaksana di dinas sosial yaitu pelayanan keagamaan dan mental spiritual, pelayanan kesempatan kerja, pelayanan pendidikan dan pelatihan serta bantuan sosial. Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia dalam perspektif fiqh siyasah dusturiyah sudah sesuai dan tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah yang ada dalam fiqh siyasah. Dimana Dinas sosial Lampung Utara dalam konteks negara Islam memiliki tugas untuk mewujudkan kemaslahatan umat. Kata kunci: Peningkatan Kesejahteraan, Lanjut Usia dan Dinas Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:13
Last Modified: 31 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32234

Actions (login required)

View Item View Item